sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus korupsi PT AMU, mantan dirut diperiksa

Diperiksa untuk menggali informasi saat masih menjabat di posisi tersebut.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 26 Jul 2021 17:34 WIB
Kasus korupsi PT AMU, mantan dirut diperiksa

Penyidik bidang Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memulai pemeriksaan terhadap saksi dalam kasus dugaan korupsi PT Askrindo Mitra Utama (AMU).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menuturkan, dua saksi yang diperiksa adalah Frederik Carlo Viktorio Tassyam selaku Mantan Direktur Utama PT AMU dan Afiat SE selaku Mantan Pimpinan Wilayah/Area Managing Director PT Askrindo Bandung. Keduanya diperiksa untuk menggali informasi saat masih menjabat di posisi tersebut.

“Pemeriksaan kedua saksi untuk menggali fakta hukum dan menambah alat bukti dalam kasus dugaan korupsi PT AMU,” kata Leonard dalam keterangan resminya, Senin (26/7).

Menurut Leonard, Afiat diperiksa guna menggali keterangan mengenai biaya operasional selama kepimpinannya dulu. Sedangkan pemeriksaan terhadap Frederik untuk menggali informasi kondisi perusahaan di masa kepemimpinannya.

Sponsored

“Pemeriksaan ini guna memperkuat bukti sebelum penetapan tersangka,” ucapnya.

Sebelumnya Direktur Penyidikan Kejagung Febrie Adeiansyah menjelaskan, di dalam PT Askrindo selaku perusahaan induk, terdapat oknum pejabat yang diduga menerima setoran dari hasil transaksi PT AMU. Uang setoran itu diperuntukan keuntungan pribadi oknum pejabat tersebut.

Untuk diketahui, kasus ini sudah naik ke penyidikan pada 14 Juni 2021. Penyidik menduga nilai kerugian negara mencapai triliunan setelah memeriksa sejumlah saksi. Kendati demikian, belum ada satu tersangka pun yang ditetapkan.

Berita Lainnya