sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kebakaran hebat landa kilang minyak Balongan, jalur lalin ditutup

Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang milik Pertamina.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 29 Mar 2021 06:26 WIB
Kebakaran hebat landa kilang minyak Balongan, jalur lalin ditutup

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar dan meledak pada Senin (19/3) sekitar pukul 01:00 WIB dini hari ini. Langit di sekitar lokasi kebakaran memerah disertai kepulan asap pekat membumbung tinggi di sekitar tempat kejadian.

Pantauan Alinea, hingga berita ini diturunkan, aparat pemadam kebakaran masih berjibaku untuk memadamkan kobaran api. Ruas jalan yang menghubungkan wilayah Indaramayu dan Cirebon ditutup akibat kejadian kebakaran kilang yang mulai beroperasi pada 1994 itu.

Sejauh ini juga belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang mengenai korban jiwa dan total kerugian akibat peritiwa tesebut. Petugas juga sudah mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar tempat kejadian, berjarak sekitar 300 meter.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang milik Direktorat Pengolahan PT Pertamina. Kilang minyak tersebut mimiliki kapasitas 125.000 barel perhari dan mengolah minyak mentah untuk BBM dan Petrokimia.

Sponsored
Berita Lainnya