sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kebijakan one way jalan tol sampai besok pagi

Persisnya pukul 08.00 akan menjadi jam akhir untuk penerapan kebijakan tersebut.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 29 Apr 2022 22:43 WIB
Kebijakan one way jalan tol sampai besok pagi

Polri kembali melakukan kebijakan one way dari km 47 sampai km 70. Tentunya, kebijakan ini berlaku hingga titik Kalikangkung seperti Kamis (28/4).

Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, kebijakan tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (30/4) pagi. Persisnya pukul 08.00 akan menjadi jam akhir untuk penerapan kebijakan tersebut.

“Saat ini sedang dilaksanakan persiapan one way dari KM 47 sampai dengan GT Kali Kangkung KM 414 di mulai pada pukul 23:00,” kata Eddy kepada wartawan, Jumat (29/4).

Eddy menyampaikan, masyarakat dapat menggunakan jalan tol setelah 08.00 atau persisnya pada pukul 10.00 WIB. Sebab, normalisasi akna dilakukan terlebih dahulu supaya penumpukan tidak terjadi di sana.

“Masyarakat yang akan menuju arah Barat, dapat gunakan jalan tol setelah pukul 08.00 plus 2 jam karena normalisasi,” ujar Eddy.

Menurutnya, kebijakan ini diterapkan karena adanya peningkatan arus dari Jakarta. Sementara arus samping dari Jawa Barat menuju Jakarta terkesan landai.

Sebelumnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mensosialisasikan kemungkinan diperpanjangnya waktu penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) arus mudik one way dan ganjil genap (GaGe) dari Tol Cikampek KM 47 hingga Kalikangkung KM 414 pada H-3 Lebaran. Strategi rekayasa lalu lintas yang tadinya berakhir pada pukul 24.00 malam, kemungkinan diperpanjang hingga pukul 07.00 atau 08.00 WIB, Sabtu (30/4).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penyesuaian kebijakan tersebut lantaran terdapat prediksi masih ada sekitar 211.000 masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Angka tersebut mengalami peningkatan 45%  jika dibandingkan dengan volume kendaraan pada kemarin malam atau H-4 Lebaran. 

Sponsored

"Artinya masih ada sisa 211.000 pemudik yang akan melintas. Sehingga mau tidak mau kita perlu melakukan rekayasa kembali. Yang tadinya one way kita buka sampai jam 24.00 WIB, kemungkinan akan kita geser disesuaikan dengan jumlah pemudik yang masih ada sisa 211.000. Jadi kebijakan akan kita buat sampai jam 07.00 atau 08.00 WIB pagi," kata Sigit saat meninjau langsung situasi terkini arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Jawa Barat, Jumat (29/4).

Sigit menyebut, ketika nanti memasuki pukul 07.00 atau 08.00 WIB pada Sabtu, kebijakan one way tersebut akan dinormalkan hingga pukul 16.00 WIB. Artinya, kendaraan yang menuju wilayah Jakarta, tetap bisa melintas di jalan tol dengan pengaturan sistem tertentu.

"Kemudian dari Timur ke Barat akan dinormalkan mulai dari jam 08.00 pagi sampai 16.00 WIB. Itu beberapa perubahan yang tentunya akan kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Namun demikian jalur arteri baik yang ada di Pantura, dalam kota, masih bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang akan kembali mudik dari wilayah Timur, Tengah ke arah Barat," ujar Sigit. 

Sigit menjelaskan, sosialisasi kemungkinan diperpanjangnya massa penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut disampaikan lebih awal, agar masyarakat dapat melakukan kesiapan sejak dini dalam perjalanan mudiknya. 

Berita Lainnya
×
tekid