sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi, dan Bali ditutup

LIPI mengantisipasi penyebaran coronavirus atau Covid-19.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 18 Mar 2020 17:59 WIB
Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi, dan Bali ditutup
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 70736
Dirawat 34668
Meninggal 3417
Sembuh 32651

Empat kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ditutup untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus (Covid-19).

Keempatnya adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

"Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi," kata  Kepala LIPI Laksana Tri Handoko di Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/3).

LIPI, jelas Handoko, berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat serta berpartisipasi aktif mencegah penyebaran COVID-19 lebih luas lagi.

Senada disampaikan Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian bahwa penutupan sementara merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Selama penutupan akan dilakukan langkah-langkah pencegahan seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di kebun raya," urainya.

LIPI, lanjut Hendrian, juga akan mengatur kerja pegawai agar koleksi tumbuhan di kebun raya tetap terawat.

"Sehingga ketika nanti dibuka kembali kebun raya tetap nyaman, rapi dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat," pungkas Hendrian.

Sponsored

Diketahui, kasus infeksi Covid-19 di Indonesia bertambah 55 kasus hingga Rabu (18/3) pukul 12.00 WIB. Jumlah pasien meninggal juga meningkat menjadi 19 orang.

"Total keseluruhan sampai Rabu (18/3) pukul 12.00 WIB adalah 227 kasus positif," kata juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat menyampaikan keterangan resmi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Jumlah tersebut tersebar di sejumlah wilayah. Di Banten, terdapat empat kasus positif coronavirus. Di DIY satu kasus, DKI Jakarta 30 kasus, Jawa Barat 12 kasus, Jawa Tengah dua kasus, dan masing-masing satu kasus di Sumatera Utara, Lampung, Riau, dan Kalimantan Timur.

Dari 227 kasus yang ada, 11 orang telah dinyatakan sembuh. Adapun 19 lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Peningkatan jumlah pasien meninggal lantaran sejumlah rumah sakit baru melaporkan datanya sejak 12 Maret 2020.

"Sampai pukul 12.00 WIB, kasus meninggal di Bali satu, Banten satu, Jakarta 12, Jabar satu, Jateng dua, Jatim satu, dan Sumut satu," ujarnya.

Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia tengah memasuki fase kenaikan. Menurutnya, fase tersebut juga dialami semua negara yang terjangkit Covid-19.

Peningkatan kasus juga dikarenakan gencarnya upaya pemerintah dalam melakukan tracing. Di sisi lain, masyarakat juga banyak yang berinisiatif memeriksakan dirinya. (Ant)

Berita Lainnya