sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kecelakaan tronton di Balikpapan, Korlantas turun tangan usut penyebabnya

Tim TAA diberangkatkan untuk membantu pengusutan kecelakaan maut di Kalimantan Timur.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Jumat, 21 Jan 2022 11:35 WIB
Kecelakaan tronton di Balikpapan, Korlantas turun tangan usut penyebabnya

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri membantu proses penanganan kecelakaan lalu lintas di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pagi tadi. Tim khusus pun diberangkatkan ke lokasi kejadian guna mengusut penyebab terjadinya peristiwa kecelakaan beruntun itu.

"Mabes Polri akan turunkan tim TAA (traffic accident analisis) Korlantas Polri ke TKP," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan resmi, Jumat (21/1).

Menurut Dedi, tim TAA akan memastikan penyebab utama dari terjadinya peristiwa kecelakaan maut oleh tronton tersebut. 

"Untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini 5 orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka," ucapnya.

Berdasarkan keterangan dari supir truk tronton tersebut, kendaraan yang dikendarainya mengalami rem blong saat melintas di lampu merah Muara Rapak.  

"Keterangan supir truck tronton pompa angin rem tidak berfungsi, sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," tutur Dedi.

Pascakejadian itu, kepolisian saat ini melakukan evakuasi terhadap para korban. Polisi berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dinas terkait untuk melakukan evakuasi kendaraan, olah tempat kejadian perkara (tkp), dan pendataan korban di rumah sakit.

Diketahui, truk tronton menabrak beberapa motor dan mobil di lampu merah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kecelakaan maut tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 WITA. 

Sponsored

Sopir truk tronton berinisial MA (48), warga Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota. MA mengemudikan truk tronton dengan nomor polisi KT 8534 AJ.

Berdasarkan keterangan MA, truk tronton mengalami rem blong. MA mengemudikan truk tronton itu sejak pukul 05.00 WITA dari lokasi parkir di Jalan Pulau Balang Km 13, Kelurahan, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara. 

Truk tronton itu disebut bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton. MA hendak menuju Kampung baru Balikpapan Barat. 

Setiba di depan Rajawali Foto Km 0,5, MA sudah mulai mengurangi persneling dari 4 ke 3. Ketika berada di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton melajut tidak terkendali dan menabrak enam unit kendaraan roda empat (dua angkutan kota, dua mobil pribadi, dan dua pick up) dan 14 unit motor. Hantaman truk tronton juga sebabkan lampu merah roboh dan pagar pembatas jalan rusak.

Kecelakaan maut tersebut sebabkan lima orang meninggal dunia dan empat orang luka berat. Para korban segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Khanusojo, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina.

Berita Lainnya