sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejagung dan Kemensos rapat koordinasi terkait bansos

Kejagung klaim telah melakukan berbagai upaya pencegahan .

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 30 Sep 2020 13:34 WIB
Kejagung dan Kemensos rapat koordinasi terkait bansos
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar rapat bersama membahas pendampingan dan pengawasan secara hukum terkait Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menyatakan, pendampingan tersebut dilakukan karena Kemensos bertanggung jawab atas pemberian bantuan sosial (bansos) selama pandemi Covid-19.

Pendampingan itu, akan membantu meminimalisir penyelewengan. "Kegiatan apapun akan kami dampingi, terutama kegiatan pendampingan dalam upaya menjadikan kebocoran semakin dieliminir dan semakin sedikit," kata Burhanuddin di Komplek Badiklat Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (30/9).

Burhanuddin mengaku, sampai saat ini belum menemukan adanya kasus besar yang mengarah ke tindak pidana menguntungkan diri sendiri. Sebelum pertemuan antarlembaga ini pun, Burhanuddin mengungkapkan Kejagung telah melakukan berbagai upaya pencegahan.

Sponsored

"Sampai saat ini belum ada yang mencuat. Kalau ada perbuatan itu memperkaya diri sendiri, kmai tidak bisa diam. Sejak dini kami sudah berupaya tidak terjadi kebocoran," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menuturkan, ke depan akan ada pembaharuan MoU untuk memperkuat sinergisitas dalam pengawasan. Dengan begitu, dinas sosial tiap daerah dan Kejaksaan Tinggi tiap daerah dapat leluasa melakukan kerja sama.

"Khusus program perlindungan sosial PEN ini cukup banyak dan seluruh daerah. Sehingga, Kejagung di setiap daerah dan dinas sosial bisa saling bermitra," tuturnya.

Berita Lainnya