sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejaksaan tangkap mantan kades rugikan negara hampir Rp1 M

Tim Tabur Kejagung ciduk buronan kasus korupsi mantan Kades Bulunghiti di Riau.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 24 Nov 2020 10:40 WIB
Kejaksaan tangkap mantan kades rugikan negara hampir Rp1 M
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap seorang mantan Kepala Desa (Kades) Bulunghiti, Labuhan Batu Utara bernama Sarpin pada Senin (23/11) pukul 18.30 WIB, di Indragiri Hulu, Riau. Penangkapan tersebut sesuai dengan surat perintah penyidikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuhan Batu Nomor:Print-01/L.2.18/F.2/07/2020.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono menyatakan, Sarpin telah ditetapkan sebagai buron dalam perkara tindak pidana korupsi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa 2016/2019. Sarpin melarikan diri saat penyidik memanggilnya untuk menjalani pemeriksaan.

"Saat sudah tiga kali dipanggil tapi tidak diindahkan, dicek ke rumahnya dan ternyata sudah tidak tinggal di alamat tertera. Sehingga ditetapkan sebagai DPO," kata Hari dalam keterangan resminya, Selasa (24/11).

Menurut Hari, dalam perkara tersebut, Sarpin telah merugikan negara senilai Rp960 juta.

Sponsored

"Tersangka usai menjalani rapid test, dibawa ke Medan untuk dilakukan penahanan di Rutan Kejari Labuhan Batu," tutur Hari.

Penangkapan terpidana Sarpin adalah bagian dari program Tabur. Kejagung mengaku masih memiliki target buronan dari berbagai wilayah, baik dalam kategori tersangka, terdakwa, maupun terpidana yang masih dalam pengejaran.

Program Tangkap Buronan Tabur 32.1 digulirkan oleh bidang Intelijen Kejaksaan RI dalam memburu pelaku kejahatan baik yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan, maupun instansi penegak hukum lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia. Kejagung memastikan tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan.

Berita Lainnya