sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenag akan salurkan bantuan ke Ponpes Al Hidayat Magelang

Dapur Ponpes Al Hidayat Magelang terbakar pada Selasa (1/11) dini hari tadi.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 01 Nov 2022 12:34 WIB
Kemenag akan salurkan bantuan ke Ponpes Al Hidayat Magelang

Kementerian Agama (Kemenag) akan menyalurkan bantuan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayat di Kedunglumpang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), yang mengalami kebakaran pada Selasa (1/11) dini hari.

"Sarana prasarana (sapras) pesantren makin terbatas. Kami sedang upayakan untuk memberikan bantuan," ucap Staf Khusus Menteri Agama Bidang IT, Media, dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo.

Kebakaran melanda Ponpes Al Hidayat Kedunglumpang, tepatnya di bagian dapur berukuran 6x12 meter, sekitar pukul 02.38 WIB tadi. Musibah disinyalir berasal dari bara api di tungku yang lupa dimatikan.

Sementara itu, menurut Wibowo berdasarkan informasi yang diperolehnya, penyebab kebakaran akibat konsleting listrik. Dalihnya, dapur tak terpakai sejak sepekan lalu mengingat seluruh santri libur per 24 Oktober.

Sponsored

"Hari ini dilakukan bersih-bersih lokasi kebakaran. Insyaallah, bisa segera dibangun kembali," ucapnya. Kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Meskipun demikian, Wibowo menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Dirinya mengapresiasi kerja cepat petugas pemadam kebakaran (damkar) dan warga sehingga api bisa segera dipadamkan. 

"Sekitar pukul 04.00 WIB, api sudah padam. Kondisi kembali aman terkendali dan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini," tuturnya, melansir situs web Kemenag.

Berita Lainnya
×
tekid