sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemendagri anulir surat soal Mahfud MD Mendagri ad interim

Mulanya surat hanya ditujukan untuk kepentingan administrasi internal.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 28 Agst 2020 19:17 WIB
Kemendagri anulir surat soal Mahfud MD Mendagri <i>ad interim</i>
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui, sempat menerbitkan Surat Nomor 821.1/4847/SJ tertanggal 28 Agustus 2020. Di dalamnya disebutkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menggantikan Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri ad interim.

"Tadinya dibuat untuk administrasi internal karena Bapak Mendagri (Tito Karnavian) akan tugas keluar kota," ucap Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benni Irwan, dalam keterangan tertulisnya, beberapa saat lalu.

Lantaran tidak ada admnistrasi di Kemendagri pada akhir pekan, dokumen tersebut pun dianulir. "Surat sudah diralat dan dibatalkan," jelasnya.

Benni menambahkan, mulanya surat tersebut hanya untuk kepentingan administrasi internal. Meski demikian, surat akhirnya diralat dan dibatalkan agar tidak menjadi isu yang keliru dalam memaknainya.

Sponsored

Berdasarkan isi surat Kemendagri Nomor 821.1/4837/SJ, penunjukan Mahfud MD sebagai Mendagri ad interim sesuai surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-642/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/08/2020 tanggal 27 Agustus.

Dikabarkan pergantian sementara itu dilakukan karena Tito mesti melakukan lawatan ke Singapura memenuhi undangan mendagri setempat. Agendanya, membahas situasi politik dan keamanan regional, pandemi coronavirus baru (Covid-19), dan investasi.

Surat penunjukkan Menko Polhukam, Mahfud MD, sebagai Mendagri ad interim menggantikan sementara Tito Karnavian. Istimewa

Berita Lainnya