sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kemenhub bantah sepeda bakal dipungut pajak

Kemenhub sedang siapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepada.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 30 Jun 2020 10:46 WIB
Kemenhub bantah sepeda bakal dipungut pajak
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bantah akan mengenakan pajak sepeda. "Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepada," tegas Juru bicara Kemenhub Adita Irawati, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6).

Menurut dia, regulasi pendukung keselamatan para pesepeda untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi masyarakat. 

Dia menjelaskan, aturan bakal mengatur segi keselamatan para pesepeda. "Regulasi ini nanti akan mengatur hal-hal seperti, alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda," terangnya.

Menurut Adita, dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru memang terjadi peningkatan jumla pengguna sepeda di perkotaan, seperti Jakarta. Berdasar, Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda masuk dalam kategori kendaran tidak bermotor.

Artinya, pengaturan sepeda bisa dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pada prinsipnya, kata dia, Kemenhub sangat setuju dengan adanya pengaturan penggunaan sepeda. 

Pasalnya, animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap penggunaan sepeda, perlu dibarengi dengan perlindungan dan keselamatan pesepeda.

"Kami akan mendorong pemerintah daerah, mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda ini di wilayahnya masing-masing," bebernya.

Kemenhub membantah wacana pesepeda dipungut pajak untuk meluruskan pemberitaan beberapa media online. Pemberitaan beberapa media online mengutip pernyataan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (26/6).

Sponsored

Pemberitaan terkait wacana pemungutan pajak hanya tercantum pada judul, tetapi isinya terkait perlunya pengaturan sepeda karena kegiatan bersepeda semakin marak di tengah pandemi Covid-19. Budi Setiadi juga menjelaskan terkait akan mengelompokkan angkutan dengan merevisi UU Nomor 22 Tahun 2019. Pasalnya, saat ini semakin beragam jenis angkutan, seperti skuter.

Berita Lainnya