sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kepala BMKG: Hari ini hujan merata di seluruh Jabodetabek

BMKG imbau warga Jabodetabek harus waspada.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Sabtu, 20 Feb 2021 14:11 WIB
Kepala BMKG: Hari ini hujan merata di seluruh Jabodetabek

Sebagian besar wilayah Indonesia masih berada di periode puncak musim hujan dengan intensitas lebat. Puncak musim hujan diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Februari dan awal Maret 2021. Untuk sepekan ke depan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Nah, hari ini hujan akan turun merata hampir seluruh wilayah Jabodetabek. Kalau kemarin (Jumat, 19/2) sebenarnya tidak merata hujannya ya. Tetapi dampaknya sudah seperti itu, makanya kami memandang penting konferensi pers ini karena memang hari ini prediksi kami justru akan terjadi peningkatan intensitas potensi hujan,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual, Sabtu (20/2).

Hari ini  juga diperkirakan Jabodetabek akan diguyur hujan intensitas sedang menuju lebat. Minggu (21/2) besok, justru hujan akan mengguyur hampir seluruh wilayah Jabodetabek dengan intensitas ringan. Untuk Senin (22/2), intensitas hujan juga masih tergolong ringan.

Sementara itu, Selasa (23/2) dan Rabu (24/2), Jabodetabek diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, tetapi merata dan sudah harus diwaspadai. “Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada. Kemudian, waspada berikutnya pada Selasa (23/2) dan Rabu (24/2),” tutur Dwikorita.

Secara nasional, dalam sepekan, BMKG memprakirakan masih terjadi potensi hujan dengan intensitas lebat. Bahkan, hujan dapat disertai kilat petir dan angin kencang, serta hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

BMKG juga memprakirakan hujan bakal akan mengguyur 28 provinsi di Indonesia. Meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Lalu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Artinya, ini hampir merata di seluruh provinsi di Indonesia. Tetapi tidak selalu merata dalam satu provinsi,” ucapnya.

Sponsored
Berita Lainnya