sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kepala PPATK tutup usia

Pak Badar, panggilan akrab almarhum, merupakan sosok pejabat yang dikenal humoris.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Sabtu, 14 Mar 2020 13:15 WIB
Kepala PPATK tutup usia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin, meninggal dunia, Sabtu (14/3). Kiagus meninggal di usia 63 tahun. 

Kabar duka itu dibenarkan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui akun resmi Twitternya, @fadjoeL. Menurut Fadjroel, jenazah disemayamkan di rumah duka Jl. Tebet Timur III no.29, Jakarta Selatan. 

Sebelum menjabat sebagai Kepala PPATK, Kiagus Badaruddin lama berkarier di Kementerian Keuangan. Pak Badar, panggilan akrab almarhum, merupakan sosok pejabat yang dikenal humoris. Dia telah malang melintang di sejumlah jabatan mengurusi keuangan dalam pemerintahan. 

Badar memulai karier di Kemenkeu sejak tahun 1977 sebagai staf pelaksana. Pada tahun 2003, dia diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan KPK. Kemudian, menjadi Direktur Sistem Perbendaharaan Kemenkeu pada 2006.

Lalu, dia dilantik menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan tahun 2009. Pada tanggal 13 Januari 2012, dia dilantik menjadi Sekjen Kemenkeu serta menjadi Inspektur Jenderal Kemenkeu pada 2015.

Badar menjabat sebagai Ketua PPATK sejak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 26 Oktober 2016. Dia menggantikan posisi M Yusuf yang masa jabatannya telah habis.

Sebelum wafat, almarhum tengah memperjuangkan PPATK menjadi anggota tetap Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF). Namun, rencana ini terancam tertunda karena penyebaran coronavirus yang membuat tim FATF batal melakukan kunjungan penilaian ke Indonesia.

Sponsored
Berita Lainnya