logo alinea.id logo alinea.id

Kenangan Khofifah dengan Habibie bahas Repelita

BJ Habibie dinilai telah menanamkan paradigma iman dan takwa serta gabungan iptek semasa menjadi menteri.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Kamis, 12 Sep 2019 12:15 WIB
Kenangan Khofifah dengan Habibie bahas Repelita

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa punya kesan mendalam pada Presiden Ketiga BJ Habibie. Saat menjabat sebagai anggota legislatif, Khofifah menyebut Habibie sebagai pemimpin yang out of the box.

Ceritanya, pada tahun 1993 dan 1998 Khofifah sedang membahas soal Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) bersama Habibie yang menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia. Khofifah adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut Habibie bergiat dalam banyak hal.  

"Tidak hanya mengenalkan IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) waktu itu. Tetapi juga mengajarkan agar membangun manusia seutuhnya lewat paradigma iman dan takwa serta iptek (ilmu pengetahuan teknologi)," kenang Khofifah. 

Paradigma yang dibangun oleh Habibie tersebut menjadi satu filosofi yang sangat mendalam. Dua hal ini harus menyatu pada diri warga Indonesia yakni roh keimanan dan ketakwaan. 

"Menerapkannya ini memang tidak mudah, tetapi sebenarnya inilah integrated education system yang bisa dibangun segala lini pendidikan," tuturnya.

Habibie mampu menunjukkan jiwa besarnya ketika menjadi Menristek dengan mengabdikan ilmunya demi kesuksesan Indonesia di bidang teknologi. Khofifah juga memuji pribadi Habibie yang dinilai memberikan teladan.  

"Jiwa besar yang luar biasa, kesuksesan yang ditorehkan, mendedikasikan demi negeri. Bagaimana seorang Pak Harto (Presiden ke-2, Soeharto) meminta menjadi Menristek pada saat itu. Karena Pak Harto ingin Habibie memberikan pengabdian keilmuannya," tuturnya.

Jiwa besar juga ditunjukkan oleh Habibie saat Laporan pertanggungjawaban tidak diterima di Sidang Istimewa MPR tahun 1999. Dengan sikap yang tegar dalam menghadapi persoalan, pengabdian ke bangsa tidak surut.

Sponsored

Bagi Khofifah,  BJ Habibie adalah salah satu referensi untuk diteladani oleh seluruh warga Indonesia. Beliau adalah tokoh nasional yang patut menjadi teladan.