sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ketua KPK: Tak ada upaya singkirkan siapa pun!

KPK klaim semua proses TWK sesuai kriteria, syarat, dan prosedur.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Selasa, 01 Jun 2021 20:04 WIB
Ketua KPK: Tak ada upaya singkirkan siapa pun!

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri, mengaku heran atas munculnya tudingan adanya upaya menyingkirkan 75 pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Saya izin katakan, tidak ada upaya untuk menyingkirkan siapa pun. Kenapa saya sampaikan itu karena tes yang dilakukan, wawasan kebangsaan, diikuti oleh 1.351 pegawai. Dengan ukuran yang sama, instrumen yang sama, alat ukurnya sama, waktu mengerjakan sama, pertanyaan sama," beber Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6).

Ia menegaskan, semua proses telah dilakukan sesuai dengan kriteria dan syarat, mekanisme dan prosedur yang berlaku. "Hasil akhir memang ada yang tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

"Jadi, tidak ada upaya untuk menyingkirkan siapa pun. Kami pimpinan (KPK) tidak ada satu pun niat menyingkirkan seseorang. Tapi hasil tes wawasan kebangsaan itu adalah hasil sendiri," jelasnya.

Sponsored

Sebelumnya, Wakil Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai skenario pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi kian terang-benderang dengan dugaan tidak lolosnya 75 pegawai dalam tes wawasan kebangsaan.

Menurut dia, tes wawasan kebangsaan sebagai alih status pegawai ke Aparatur Sipil Negara (ASN) hanyalah upaya menyingkirkan pegawai KPK yang berani di lembaga antirasuah.

Diketahui, dalam TWK ini ada 75 pegawai dinyatakan tidak lolos. Dari jumlah tersebut, 51 dipecat dan 24 lainnya bakal menjalani pembinaan. Sementara 1.271 pegawai telah dilantik menjadi ASN hari ini.

Berita Lainnya