sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komisioner baru KPK tak ingin Hari Antikorupsi dirayakan tiap tahun

Wakil Ketua KPK terpilih, Lili Pintauli Siregar ingin Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) tak perlu diperingati setiap tahun.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 09 Des 2019 21:37 WIB
Komisioner baru KPK tak ingin Hari Antikorupsi dirayakan tiap tahun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Lili Pintauli Siregar berharap, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) tidak dilakukan setiap tahun. Rencana tersebut dipilih lantaran terdapat beberapa negara yang tidak menggelar peringatan Harkodia yang jatuh pada 9 Desember.

"Harapannya tidak ada lagi peringatan Harkodia tahun-tahun berikutnya. Intinya sih apakah boleh tiga tahun ke depan. Jadi tidak tiap tahun diperingati karena ada beberapa negara yang juga tidak memperingatinya kan," kata Wakil Ketua KPK terpilih itu saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Menurut hemat Lili, seremonial peringatan Harkodia itu akan lebih efektif jika langsung dikampanyekan kepada masyarakat. Namun demikian, dia tetap berharap untuk meniadakan peringatan tersebut pada tahun depan.

"Tadi kita juga sudah diskusi juga dengan teman, kolega, ada Pak Alex juga. Jadi mungkin kita langsung kampanyekan di lapangan. Jadi tidak perlu di gedung berbicara apa gitu ya. Tetapi, kalau bisa tidak tahun depan. (Mungkin) dua atau tiga tahun lagi deh," ungkap Lili.

Mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) itu, menilai akan lebih baik pihaknya akan berfokus untuk meminimalisir perbuatan korupsi di Indonesia. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia saat ini.

"Tetapi, itu pasti ada banyak elemen bangsa yang harus berperan. Tidak bisa dengan KPK saja. Tetapi kan itu memang kerja berat ya. Paling tidak kita optimislah. Bahwa ini harus disinergikan bersama instansi, pemerintah, dan masyarakat tentunya," papar Lili.

Kendati ingin fokus menaikkan nilai IPK Indonesia, Lili mengaku belum menggelar rapat dengan pimpinan terpilih lainnya untuk membahas target di masa kepemimpinannya kelak.

"Kita belum rapat ini kan. Kalau sudah rapat, mungkin target ada yang disampaikan oleh pimpinan. Tentunya, kalau sekarang belum. Teman-teman (pimpinan KPK terpilih) sehabis acara pada hilang, tinggal saya sendiri," tutup Lili.

Sponsored
Berita Lainnya