sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komnas HAM telah petakan aduan TWK

Menindaklanjuti temuan itu, Komnas HAM sudah melayangkan 10 surat panggilan kepada pihak-pihak terkait untuk meminta klarifikasi.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 08 Jun 2021 15:17 WIB
Komnas HAM telah petakan aduan TWK

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memetakan aduan tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status menjadi aparatur sipil negara atau ASN. Pemetaan berdasarkan rangkaian pemeriksaan terhadap 19 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan dokumen yang diberikan pihak pengadu.

"Antara lain terkait proses TWK, landasan hukum TWK, prosedur pelaksanaan alih status dan TWK, substansi pertanyaan, background pekerjaan, tugas dan fungsi pokok, serta konteks kasus itu sendiri," kata Komisioner Komnas HAM M. Choirul Anam, Jakarta, Selasa (8/6).

Menindaklanjuti temuan itu, imbuh Anam, pihaknya sudah melayangkan 10 surat panggilan kepada pihak-pihak terkait untuk meminta klarifikasi. Hal ini, termasuk untuk menguji data dan informasi yang sebelumnya telah didapatkan Komnas HAM.

"Selanjutnya, pada minggu ini Komnas HAM sedang mendalami dan menyiapkan kembali surat pemanggilan secara lengkap dan patut terhadap lima pihak-pihak lain yang termasuk dalam konstruksi peristiwa," ujar Anam. Namun, dia tak menyampaikan siapa saja yang akan dipanggil. 

Diketahui, komisi antisuap membenarkan menerima surat panggilan dari Komnas HAM perihal aduan TWK, Rabu (2/6). Namun, seluruh komisioner diindikasikan tidak ada yang memenuhinya.

Hal tersebut sebagaimana keterangan Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri yang mengatakan, menindaklanjuti surat Komnas HAM, lembaga antirasuah berkirim surat pada Senin (7/6). Isinya, meminta dijelaskan lebih dulu HAM apa yang dilanggar.

"Tindak lanjut surat dimaksud, Senin, 7 Juni 2021, Pimpinan KPK telah berkirim surat kepada Komnas HAM untuk meminta penjelasan lebih dahulu mengenai hak asasi apa yang dilanggar pada pelaksanaan alih status pegawai KPK," kata Ali dalam keterangannya.

Sebelumnya, sebanyak 75 pegawai KPK dinyatakan tak lulus TWK. Dari jumlah itu 51 dipecat dan sisanya akan dibina lagi. Pelaksanaan TWK yang diduga bermasalah menjadi dasar pelaporan 75 pegawai kepada Komnas HAM. 

Sponsored
Berita Lainnya