sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kompolnas serahkan banyak nama calon Kapolri kepada Jokowi

Bakal calon yang disetor disebut sesuai aspirasi publik, dari purnawirawan, akademisi, hingga Polri.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 08 Jan 2021 14:07 WIB
Kompolnas serahkan banyak nama calon Kapolri kepada Jokowi

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan nama-nama calon kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (6/1) sore. Hal itu dilakukan setelah melaksanakan rapat pleno.

Ketua Kompolnas, Benny Mamoto, menyatakan, nama-nama yang diserahkan ke presiden berdasarkan aspirasi publik, dari para purnawirawan, akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), tokoh masyarakat, media, dan internal Polri.

"Calonnya lebih dari satu nama," katanya saat dikonfirmasi Alinea, Jumat (8/1).

Dibeberkan Benny, proses selanjutnya  menunggu presiden menyerahkannya kepada DPR. Namun, dia tidak mau membocorkan siapa saja nama yang diserahkan.

"Untuk nama tidak dipublikasikan karena suratnya bersifat rahasia," ucapnya.

Sebelumnya beredar sejumlah nama calon kapolri yang mencuat kepermukaan publik, di antaranya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar; Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono' Kabaharkam, Komjen Agus Andrianto; dan Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Dari nama-nama tersebut, kemudian disinyalir hanya tersisa tiga nama yang akan diserahkan.

Pergantian kapolri akan dilakukan mengingat petahana, Idham Azis, segera pensiun pada 1 Februari 2021. Idham pun telah menyerahkan surat pemberitahuan pensiunnya kepada presiden.

Sponsored
Berita Lainnya