sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPAI minta Juli 2021 baru uji coba PTM

IDAI merekomendasikan PTM dilakukan di daerah dengan positivity rate di bawah 10%.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 27 Apr 2021 07:19 WIB
KPAI minta Juli 2021 baru uji coba PTM

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah pada awal tahun ajar 2021/2022, Juli mendatang, masih tahap uji coba terbatas. Pangkalnya, tengah terjadi kenaikan kasus penularan Covid-19 pada anak-anak, terutama di Sumatera Barat (Sumbar).

"Karena belajar dari pengalaman negara-negara yang buka sekolah dan tidak tutup kembali, kuncinya adalah pada kesiapan baik kesiapan sekolah, orang tua, maupun siswa dengan dukungan penuh daerah," ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4).

Berdasarkan hasil pengawasan KAI, delapan guru dan dua siswa kelas XII SMA Negeri Kota Padang terpapar Covid-19 pada akhir Februari. Namun, aktivitas di sekolah masih terus dilakukan hingga kini.

Penularan Covid-19 pun menimpa 61 warga SMA Negeri 1 Sumbar pada Maret. Diduga karena murid hingga tenaga pendidik tidak menaati protokol kesehatan (prokes).

KPAI juga mendapati transmisi SARS-CoV-2 terhadap 122 santri dan 3 guru di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar-Risalah Kota Padang. Mayoritas yang terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan mereka kini melakukan karantina secara terpisah per generasi dalam pantauan tenaga medis Klinik Risalah Medika.

Lalu, sebanyak 25 orang juga terinfeksi Covid-19 di IPDN Baso Agam. Hingga 20 April, angka perbandingan jumlah kasus positif dengan jumlah tes (positivity rate) di Sumbar mencapai 17,6%.

Sementara itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan PTM di suatu daerah hanya dilakukan saat positivity rate di bawah 10%.

"Dalam bulan Ramadan ini, ada kekhawatiran banyak pihak ketika siswa ikut pesantren atau pesantren Ramadan, saat pulang berpotensi menjadi virus carrier sehingga menjadi ancaman bagi orang tua dan saudara terdekat mereka yang punya riwayat komorbid di rumah," paparnya.

Sponsored

KPAI pun merekomendasikan Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi maupun kabupaten/kota se-Sumbar untuk melarang kegiatan buka bersama. Kemudian, meminta kegiatan pesantren Ramadan dipertimbangkan kembali sebab ada potensi besar terjadinya penularan Covid-19.

Berita Lainnya