sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK bakal lantik 12 pejabat struktural

Ada 12 orang yang bakal dilantik sebagai pejabat struktural Komisi Pemberantasan Korupsi.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 22 Sep 2020 09:38 WIB
KPK bakal lantik 12 pejabat struktural
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, mereka yang dipilih telah melalui tahap seleksi sejak Juni 2020.

Tahapan seleksi meliputi administrasi, uji kompetensi oleh pihak ketiga, pengecekan rekam jejak dan kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), serta kesehatan.

"Terakhir dilakukan presentasi dan wawancara dengan pimpinan KPK terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi," kata Ali dalam keterangannya, Senin (21/9).

Mereka yang dilantik adalah Direktur Pengaduan Masyarakat Tomi Murtomo, Direktur Pengelolaan Informasi dan Data Riki Arif Gunawan, dan Direktur Penyidikan Setyo Budiyanto.

Selain itu, sisanya adalah pejabat untuk Koordinator Wilayah. Mereka adalah Asep Rahmat Suwanda, Aminuddin, Budi Waluyo, Aida Ratna Zulaiha, Didik Agung Widjanarko, Agung Yudho Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi dan Yudhiawan.

"Para pejabat struktural terpilih tersebut berasal dari sumber Polri, Kemenkominfo dan internal KPK. Pelantikan direncanakan akan dilakukan, Selasa 22 September 2020 di Auditorium Gedung Penunjang KPK sekitar pukul 10.00 WIB," ucapnya.

Sebelumnya, Indonesian Corruption Watch (ICW) mengkritisi sikap Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, lantaran menugaskan sejumlah perwira kepolisian di lembaga antirasuah.

"ICW ingin mengingatkan kepada Firli Bahuri, bahwa tempat ia bekerja adalah Komisi Pemberantasan Korupsi bukan kantor Kepolisian Republik Indonesia," ujar peneliti ICW, Kurnia Ramadhana.

Sponsored

Menurutnya, banyaknya perwira Polri yang bertugas akan menimbulkan persepsi miring publik terhadap KPK. Selain itu, berpotensi melahirkan konflik kepentingan dapat penanganan perkara.

"Bagaimana publik akan percaya bahwa mereka akan objektif ketika menangani perkara yang melibatkan oknum di kepolisian?" katanya.

Berdasarkan catatan ICW, setidaknya KPK telah mempekerjakan empat perwira tinggi (pati) Polri, yakni Komjen Firli Bahuri, Deputi Penindakan Irjen Karyoto, Direktur Penyidikan Brigjen Setyo Budiyanto, serta Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priartono.

Tak hanya itu, terdapat lima petugas lagi yang akan mengisi posisi Koordinator Wilayah. Mereka adalah Kombes Didik Agung Widjarnarko, Kombes Agung Yudho Wibowo, Kombes Bahtiar Ujang Purnama, Kombes Kumbul Kuswijanto Sudjadi dan Kombes Yudhiawan.

Dengan demikian, pati Polri yang menduduki jabatan strategis di KPK sebanyak sembilan orang dan dari sejumlah nama itu, beberapa bakal dilantik hari ini.

Berita Lainnya