sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK dorong universitas terapkan pendidikan antikorupsi

Dari data kegiatan monitoring evaluasi 2020, ada 951 perguruan tinggi dan 6.297 program studi implementasikan pendidikan antikorupsi.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 16 Apr 2021 08:00 WIB
KPK dorong universitas terapkan pendidikan antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendorong peran perguruan tinggi dalam mengembangkan integritas di lingkungan kampus. Menurut Ketua KPK Firli Bahuri, salah satunya dengan implementasi pendidikan antikorupsi jadi mata kuliah dan membangun tata kelola perguruan tinggi yang antikorupsi.

Firli mencatat, dari data kegiatan monitoring evaluasi 2020, ada 951 perguruan tinggi dan 6.297 program studi yang mengimplementasikan pendidikan antikorupsi.

"Kenapa orang melakukan korupsi? Salah satunya karena rendahnya integritas. Karena korupsi dapat muncul saat kesempatan bertemu dengan kekuasaan ditambah dengan rendahnya integritas," katanya saat kuliah umum secara luring dan daring di Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (15/4).

Oleh karena itu, Firli mengatakan, KPK mengajak para civitas akademika untuk bersama-sama meneguhkan nilai integritas guna menghadapi tantangan masa depan yang lebih berat. Menurut dia, setidaknya ada empat tantangan yang bakal dihadapi pemuda di masa depan. 

Sponsored

Tantangan yang dimaksud, korupsi, narkotika, terorisme dan bencana baik alam maupun non-alam. Oleh karenanya, Firli mengajak mahasiswa dan segenap civitas akademika yang hadir untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unsri, Anis Saggaff, menyampaikan, apresiasi atas kehadiran Ketua KPK. Dia mengatakan, apa pun program yang didesain KPK untuk pendidikan antikorupsi, pihaknya akan mendukung penuh. 

"Diharapkan dalam empat tahun masa pendidikan di Unsri, semua mahasiswa sudah dibekali pendidikan antikorupsi, sehingga pada saat memegang amanah jabatan nanti tidak mudah terpengaruh," ujar Anis.

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Rabu, 28 Jul 2021 14:29 WIB
Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Senin, 26 Jul 2021 17:37 WIB
Berita Lainnya