sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK pastikan penanganan kasus korupsi Kementan masih berjalan

Penyidik telah melakukan kajian untuk mengidentifikasi potensi kerawanan korupsi, sehingga bisa memberikan rekomendasi untuk perbaikannya.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Rabu, 21 Jun 2023 16:06 WIB
KPK pastikan penanganan kasus korupsi Kementan masih berjalan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, penanganan dugaan korupsi di tubuh Kementerian Pertanian (Kementan) masih berjalan. Kasus ini berkaitan dengan praktik penempatan pegawai dalam jabatan.

"Benar, salah satu aspek kasus yang sedang didalami penyelidik KPK adalah terkait tindak lanjut laporan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kementan, khususnya terkait praktik penempatan pegawai dalam jabatan," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (21/6).

Ali mengatakan, dari temuan yang ada, penempatan pegawai masih sering disalahgunakan melalui praktk-praktik yang melanggar hukum. Seperti jual-beli jabatan, pemerasan, kolusi, hingga nepotisme.

Fakta ini mendorong penyidik untuk melakukan langkah-langkah strategis guna mencegah korupsi serupa terus masif terjadi. Hal itu dilakukan melalui monitoring centre for prevention (MCP), menetapkan delapan fokus area, di antaranya manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Penyidik juga telah melakukan kajian untuk mengidentifikasi potensi kerawanan korupsi, sehingga bisa memberikan rekomendasi untuk perbaikannya.

Penerapannya dilakukan mengingat Kementerian Pertanian, merupakan lembaga yang termasuk dalam 10 besar untuk mengelola alokasi anggaran bantuan pemerintah (banper).

"Dengan anggaran di atas Rp10 triliun," ujarnya.

Sementara, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, telah menjalani pemeriksaan di KPK sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Sponsored

SYL, sapaannya, berharap KPK menyelesaikan penyelidikan kasus tersebut dengan baik. Ia sesumbar tak terlibat dalam perkara itu dengan dalih menjalankan tugasnya sebagai ibadah.

"Semoga semua bisa terselesaikan secara baik oleh KPK dan semoga, ya, itulah kita tidak biasa dengan bermacam-macam atau berbuat selain mengabdi kepada rakyat bangsa dan menjadikan tugas ini adalah ibadah," katanya dalam sebuah video, Senin (19/6).

Politikus Partai Nasdem itu melanjutkan, bakal menjalankan sejumlah agenda lain sebagai Mentan. Salah satunya adalah persiapan Iduladha.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid