sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KPK respons kritik Mahfud MD soal penegakan hukum

Mahfud MD sebut ada kesan penegakan hukum di Indonesia jelek.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Jumat, 18 Sep 2020 12:36 WIB
KPK respons kritik Mahfud MD soal penegakan hukum
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap kritik Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, terhadap penegak hukum sebagai motivasi dalam perbaikan kerja.

Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri menyampaikan, atas pelaksanaan tugasnya, KPK bertanggung jawab kepada masyarakat.

"Untuk itu KPK selalu memastikan penegakan hukum oleh KPK selalu dalam koridor hukum yang berlaku dengan mengedepankan asas-asas transparansi, akuntabilitas dan keadilan," kata  dalam keterangan kemarin, Kamis (17/9).

Lebih lanjut, Ali mengatakan sebagaimana mandat undang-undang yang berlaku, KPK juga mempunyai kewenangan pencegahan. Dalam melakukannya, lanjut Ali, juga membutuhkan peran dari seluruh elemen, termasuk masyarakat.

Sponsored

"Karenanya, KPK mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berperan dalam pemberantasan korupsi, baik melalui pendekatan pencegahan maupun penindakan," jelasnya.

Sebelumnya, Mahfud menyinggung ada kesan penegak hukum jelek dalam Rapat Kerja Teknis Bidang Pidana Umum Kejaksaan Agung yang diselenggarakan daring, Rabu (16/9). Rapat itu dihadiri 626 peserta, termasuk Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dan para jajarannya.

“Sudah sangat jelek kesan penegakan hukum kita di masyarakat, nanti diperas, nanti malah ditangkap, dan sebagainya. Saya tidak bisa melakukan apa-apa, Presiden tidak bisa melakukan apa-apa, karena semua punya batasan kewenangan. Karena itu perlunya pembinaan dan moralitas," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Berita Lainnya