logo alinea.id logo alinea.id

Kritik JK memberikan kesan negatif kepada Jokowi

Kritik JK akan memberikan keadaan negatif di akhir pemerintahan Jokowi.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 23 Jan 2019 16:28 WIB
Kritik JK memberikan kesan negatif kepada Jokowi

Pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai mahalnya proyek pembangunan infrastruktur menimbulkan sejumlah komentar. Kritisi politikus yang biasa disapa JK itu, berpotensi memberikan kesan negatif terhadap pemerintahan Jokowi.

Pengamat politik The Habibie Center Indria Samego, mengungkapkan kritik JK akan memberikan keadaan negatif di akhir pemerintahan Jokowi. Berpotensi berpengaruh terhadap pencalonannya di pemilu mendatang. Padahal dalam setiap kebijakan yang ditentukan, terdapat campur tangan JK.

“Tidak boleh membuat penilaian negatif. Semua yang lahir dari pemerintah itu, ada JK di dalamnya,” ujarnya di Kantor The Habibie Center, Rabu (23/1).

JK juga seolah-olah memberikan informasi kepada publik mengenai lemahnya pemerintahan Jokowi. Terlebih dalam debat perdana sebelumnya, Prabowo membeberkan beda pandangan antara dua pimpinan di instansi pemerintahan Jokowi.

Saat mengkritisi JK seolah-olah menjadi orang di luar pemerintahan yang memberikan celah untuk kubu Prabowo-Sandiaga Uno menyerang Jokowi-Ma’ruf. “Pasti nanti akan dipergunakan paslon 02 soal keterlibatan wakil presiden di dalamnya,“ pukasnya.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau dalam melakukan pembangunan infrastruktur seharusnya mengetahui yang perlu dilakukan. Wapres juga mengimbau agar daerah tidak membangun jalan tol hanya karena kembanggaan semata. Tetapi sebaiknya melihat pada kemanfaatan pembangunan tol tersebut.

"Infrastruktur harus disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Pada daerah tertentu harus ada jalan tol, seperti Jawa dan sebagian di Sumatra. Tanpa jalan tol di Jawa maka logistik akan menjadi masalah atau terjadi keterlambatan," jelasnya seperti dilansir wapresri.go.id.

Selain melihat kemanfaatan, pembangunan infrastruktur juga harus efisien. Wapres menjelaskan pembangunan LRT di atas jalan tol sangat tidak efisien terutama dengan membuatnya elevated. Hal tersebut membuat tol tidak bisa diperlebar dan biaya pembangunan LRT di atas jalan tol dapat mencapai 10 kali lipat dibandingkan dengan pembangunan di bawah.

Sponsored