sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kunjungi rumah calon Kapolri, DPR: Gaya hidup jadi penilaian

Komisi III yang hadir akan membahas mengenai profil, latar belakang, serta rekam jejak karir Idham Aziz di Kepolisian.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 30 Okt 2019 10:08 WIB
Kunjungi rumah calon Kapolri, DPR: Gaya hidup jadi penilaian

Komisi III DPR RI mengunjungi rumah Kabareskrim Polri Komjen Idham Aziz. Kunjungan diikuti oleh seluruh petinggi Komisi III dan anggota. Kunjungan ini merupakan bagian dari uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri.

Saat tiba di kediaman Idham Aziz pukul 09.25 WIB di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, para pimpinan dan anggota Komisi III disambut oleh Idham Aziz dan istri. Sejumlah pejabat Mabes Polri seperi Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal dan para Direktur Tindak Pidana Bareskrim Polri pun turut hadir di lokasi.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, kunjungan pimpinan dan anggota komisi dilakukan sebelum diadakan fit and proper test terhadap Idham Aziz siang nanti. Dalam kunjungan ini, anggota Komisi III yang hadir akan membahas mengenai profil, latar belakang, serta rekam jejak karir Idham Aziz di kepolisian.

“Kami akan dialog juga dengan istri dan anaknya tentang persoalan yang selayaknya kami tanya sebagai calon Kepala Kepolisian RI. Kami akan nilai gaya hidupnya,” kata Desmond di kediaman Idham Aziz, Rabu (30/10).

Selain itu, kata Desmond, Komisi III juga akan menilai kehidupan sehari-hari Idham Aziz dan keluarga. Ini merupakan bagian dari penilaian. "Biasanya ditanya tentang keluarga, harmonisasi, sampai sekolah anak-anaknya,” ucap Desmond.

Desmond menjelaskan, kunjungan anggota dewan ke kediaman Idham tak akan lama. Kunjungan diperkirakan hanya sampai pukul 11.00 WIB. Setelah kunjungan tersebut, Idham Aziz bersama-sama dengan para pimpinan dan anggota Komisi III akan menuju Gedung DPR-MPR untuk melaksanakan fit and proper test

Dijadwalkan, uji kelayakan calon kapolri berlangsung pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Setelah itu, Komisi III DPR melanjutkan agenda yang sama dengan melakukan rapat pleno untuk pengambilan keputusan.

Komjen Pol Idham Aziz merupakan calon tunggal kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Jika mulus, Komjen Pol Idham Aziz akan menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian yang kini sudah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Sponsored