sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Laju penurunan kasus Covid-19 nasional konsisten turun

Kasus Covid-19 minggu ini turun 88,9% dibandingkan puncak kedua Juli lalu.

Tiara Kandida Enggarsari
Tiara Kandida Enggarsari Selasa, 14 Sep 2021 19:40 WIB
Laju penurunan kasus Covid-19 nasional konsisten turun

Laju kasus Covid-19 secara nasional konsisten mengalami penurunan selama delapan minggu sejak kasus coronavirus melonjak pada Juli 2021. Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

"Per minggu ini laju kasus Nasional telah konsisten mengalami penurunan selama delapan minggu," kata Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (14/9).

Dia mengungkapkan, kasus Covid-19 minggu ini turun 88,9% dibandingkan puncak kedua Juli lalu. "Kasus di minggu ini telah turun 88,9% dibandingkan puncak kedua. Bahkan, minggu ini lebih rendah dibandingkan puncak pertama dan mendekati titik kasus terendah pada 10 Mei lalu," jelasnya.

Menurut Wiku, penekanan kasus ini tercapai karena kerja sama pemerintah yang bergerak cepat menyusun kebijakan dan seluruh lapisan masyarakat yang kooperatif dalam menerapkannya dengan disiplin.

Sponsored

Selain itu, langkah-langkah yang diambil adalah begitu kasus meningkat pemerintah langsung menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Lalu, dilanjutkan dengan pembatasan yang lebih ketat atau PPKM level 1 sampai dengan 4 yang dilaksanakan pada 26 Juli hingga saat ini.

Kebijakan tersebut setiap minggunya melalui rapat koordinasi rutin pusat dan daerah. "Akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus yang dinamika yang terjadi di masyarakat," imbuhnya.

Berita Lainnya