sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Lima capim KPK jalani fit and proper test hari ini

Lima capim KPK lainnya akan menjalani fit and proper test pada Kamis (12/9).

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 11 Sep 2019 09:43 WIB
Lima capim KPK jalani fit and proper test hari ini

Komisi III DPR RI memulai uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) hari ini. Fit and proper test akan berlangsung Rabu (11/9) dan Kamis (12/9), dengan masing-masing lima orang capim menjalani tes per harinya.

Lima capim KPK yang akan menjalani uji kelayakan hari ini adalah Nawawi Pamolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara.

Adapun di hari kedua, lima capim lain yang akan menjalani uji kelayakan adalah Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.

Fit and proper test dijadwalkan berlangsung di Ruang Rapat Komisi III DPR dari pukul 10.00 WIB hingga 18.30 WIB.

Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin mengatakan, para capim akan diajukan sejumlah pertanyaan oleh para anggota Komisi III. Meski tak membatasi pertanyaan yang akan diajukan, namun para anggota Komisi III akan fokus pada 11 tema yang menjadi bahan pembuatan makalah, penelusuran rekam jejak, dan hasil masukan masyarakat.

"Seluruh masukan pro dan kontra akan diklarifikasi dan ditanyakan kepada yang bersangkutan, sesuai jadwal yang telah dipilih oleh mereka masing-masing," kata Aziz di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9).

Sepuluh orang capim yang akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan ini sebelumnya telah menjalani berbagai tes yang dilakukan panitia seleksi (pansel). Jumlah peserta yang mengikuti proses ini terus berkurang setelah seleksi administrasi, berlanjut dengan uji kompetensi, psikotes, uji publik, hingga wawancara.

Pansel capim KPK menyerahkan 10 nama terpilih kepada Presiden Joko Widodo. Presiden tak melakukan perubahan terhadap nama-nama yang diajukan pansel, sehingga nama-nama tersebut pula yang menjalani tahap akhir seleksi yang berlangsung hari ini.

Sponsored