sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Listyo Sigit dianggap layak jabat Kapolri

Presiden Jokowi merekomendasikan Kabareskrim sebagai calon tunggal Polri-1, hari ini.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 13 Jan 2021 19:31 WIB
Listyo Sigit dianggap layak jabat Kapolri
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, dianggap sebagai figur tepat untuk mengisi pucuk pimpinan "Korps Bhayangkara". Ini tecermin dari rekam jejaknya (track record) sejak menjabat Kapolresta Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

"Saya melihat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memiliki track record yang baik dan berhasil saat menjabat, mulai dari Kapolresta Surakarta hingga terakhir menjadi Kabaraskrim Mabes Polri," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Bintang Wahyu Saputra, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1).

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebelumnya menyerahkan beberapa nama kandidat Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang segera pensiun. Mereka adalah Sigit; Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono; Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar; Kalemdikpol, Komjen Arief Sulistyanto; dan Kabaharkam, Komjen Agus Andrianto. 

Beberapa saat lalu, DPR menerima surat presiden (supres) tentang usulan nama Sigit sebagai calon tunggal Kapolri. Dewan akan memprosesnya dalam 20 hari ke depan dengan mengadakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Sponsored

Bagi Bintang, Sigit merupakan figur polisi yang humanis, profesional, dan namanya cenderung bersih. "Maka pilihan Presiden Jokowi sudah sangat tepat."

Karenanya, Sigit diyakini lolos uji kepatutan dan kelayakan di Komisi Hukum nantinya. Meski demikian, DPR diminta pertanyaan yang diajukan tak menyinggung hal-hal di luar tugat pokok dan fungsi kepolisian saat proses itu berlangsung.

Berita Lainnya