sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

LLDikti IV belum izinkan kuliah tatap muka

Aktivitas tersebut dikhawatirkan menimbulkan klaster baru sehingga menambah beban penanganan pandemi.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 05 Jan 2021 15:50 WIB
LLDikti IV belum izinkan kuliah tatap muka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV Jawa Barat (Jabar) dan Banten belum memperkenankan aktivitas perkuliahan tatap muka pada semester genap 2021, terutama di Bandung. Keputusan merujuk kesepakatan bersama.

“Keputusan tersebut diambil setelah melakukan pertemuan dengan sejumlah perguruan tinggi di Bandung, di mana pada pertemuan itu disepakati sangat tidak mungkin di Bandung digelar kuliah tatap muka dalam waktu dekat," ucap Kepala LLDikti IV, Uman Suherman.

Dirinya menerangkan, perkulihan tatap muka dikhawatirkan memicu munculnya klaster baru. Hal itu bisa menambah beban pemerintahan dalam menangani pandemi Covid-19.

“Kampus yang ada di Jabar masih tetap berpegang pada kondisi pandemi yang sekarang semakin meningkat sehingga rencana 2021  untuk melakukan tatap muka itu tidak mungkin. Jadi, tetap kami melakukan daring (online)," paparnya.

Sponsored

Meski demikian, diberikan kelonggaran bagi kampus di zona hijau atau bagi mahasiswa yang membutuhkan praktik laboratorium. Mereka diperkenankan melakukan kuliah tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan dan mempertimbangkan kebijakan pemerintah daerah (pemda) masing-masing.

"Prodi (program studi) yang memang tidak bisa dihindari untuk tidak tatap muka harus mengikuti prosedur, (seperti) kapasitas 50%, ikuti protokol kesehatan kesehatan," tuntasnya, menukil situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Berita Lainnya