logo alinea.id logo alinea.id

Ma'ruf Amin dan Prabowo di rumah duka BJ Habibie

Di rumah duka BJ Habibie, Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto menyampaikan belasungkawa atas kepergian Presiden ke-3 RI.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 12 Sep 2019 01:35 WIB
Ma'ruf Amin dan Prabowo di rumah duka BJ Habibie

Di rumah duka BJ Habibie, Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto menyampaikan belasungkawa atas kepergian Presiden ke-3 RI.

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menyampaikan duka sedalam-dalamnya saat melawat ke rumah duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Menurut Ma'ruf, Habibie adalah tokoh yang sangat baik dan amat berpengaruh di Tanah Air.

Ma'ruf menerangkan, banyak jasa yang tidak mungkin dapat terbayarkan yang diberikan Habibie. Terutama dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membuka keran untuk banyak anak bangsa dapat mengajar serta belajar ke luar negeri.

"Setelah itu banyak yang kembali ke Indonesia memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi beliau telah memberikan investasi kemanusian yang tinggi jangkauan masa depan untuk bangsa dan negara," ujar Ma'ruf di rumah duka, Jalan Patra Kuningan 13, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Ma'ruf sendiri mengaku telah menyalatkan jenazah saat di dalam rumah Habibie. Ia juga menyematkan doa agar amal dan perbuatannya diterima oleh Allah SWT, serta kesalahan jenazah dapat dimaafkan.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga menceritakan sedikit keadaan Habibie sebelum ia berpulang. Saat Ma'ruf membesuk Habibie pada hari Selasa (10/9) kemarin di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), ia telah melihat keadaan yang cukup kritis.

"Kemarin waktu saya jam 8.30 pagi saat diberitahu Pak Habibie agak kritis saya langsung ke RSPAD, memang beliau ditidurkan dalam istilahnya, karena jantungnya berat kemudian ginjal sudah tidak berfungsi sehingga dibantu mesin," tutur Ma'ruf.

Di tempat yang sama, bela sungkawa juga diucapkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo mengaku telah berbicara dan mengucapkan bela sungkawanya langsung kepada anak Habibie, Farid dan Ilham.

Sponsored

"Iya sebagaimana saudara ketahui, saya turut menyampaikan belasungkawa saya ke keluarga, saya ketemu tadi saudara Farid, dan Ilham sudah sampaikan belasungkawa saya, saya kira demikian ya," kata Prabowo.