sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ma'ruf Amin: Pemerintah jamin ketersediaan vaksin Covid-19

Merujuk data WHO, sekitar 130 negara belum mendapatkan vaksin Covid-19 hingga akhir Januari 2021.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 26 Feb 2021 07:31 WIB
Ma'ruf Amin: Pemerintah jamin ketersediaan vaksin Covid-19

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengklaim, pemerintah menjamin ketersediaan vaksin Covid-19. Dalihnya, telah menjalin diplomasi dengan beberapa negara demi memastikan pasokan yang mencukupi kebutuhan.

"Melalui diplomasi dan kerja sama internasional yang gigih, Indonesia berhasil mengamankan ketersediaan vaksin Covid-19 yang mencukupi seluruh kebutuhan kita," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2).

Merujuk data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 130 negara belum mendapatkan vaksin Covid-19 hingga akhir Januari 2021. "Mayoritasnya adalah negara sedang berkembang," jelasnya.

Menurut Ma'ruf Amin, vaksin Covid-19 menjadi hal yang ditunggu-tunggu sejak awal pandemi melanda karena imunisasi bakal membentuk kekebalan komunitas (herd immunity). Dengan demikian, perlindungan dapat optimal.

Sponsored

Bekas Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini melanjutkan, Indonesia juga berupaya mengekspor vaksin Covid-19 guna membantu negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Komitmen tersebut diklaim diapresiasi masyarakat internasional.

"Indonesia juga telah berkomitmen untuk membantu negara-negara sahabat di kawasan yang membutuhkan vaksin Covid-19. Peran aktif diplomasi Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat internasional dalam program penyediaan vaksin Covid-19 bagi seluruh negara di dunia secara setara," tutup Ma'ruf Amin.

Berita Lainnya