sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mahfud: Indonesia nol coronavirus

Ada 232 orang yang minta diperiksa, hasilnya negatif coronavirus.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 25 Feb 2020 20:34 WIB
Mahfud: Indonesia nol coronavirus
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menyampaikan kabar gembira usai rapat kabinet, bahwa Indonesia nol dari kasus coronavirus sampai hari ini.

"Tadi kita rapat kabinet. Kabar gembiranya itu tidak ada satupun kasus corona di sini (Indonesia). Jadi, belum ada orang terinfeksi corona," ujar Mahfud di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengatakan ada sebanyak 232 yang minta diperiksa, tanpa menjelaskan apakah sejumlah orang itu adalah warga negara Indonesia atau warga negara asing. Termasuk tidak menyebut lokasi pemeriksaan.

"Ada 232 orang minta diperiksa, sesudah diperiksa ternyata negatif semua. Indonesia ini nol dari kasus corona sampai hari ini," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga menyinggung rencana pemulangan 188 WNI anak buah kapal (ABK) di Kapal World Dream, menyusul dihentikannya pengoperasian kapal tersebut akibat wabah virus Covid-19.

Setibanya di Indonesia, mereka terlebih dahulu akan ditempatkan di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Sebelumnya, Senin (24/2), kapal dr. Soeharso sudah menuju ke laut sekitar wilayah Riau. ABK tersebut kemudian akan dipindahkan ke Kapal dr. Soeharso dan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

Evakuasi 188 ABK secara transfer (boat to boat) dari Kapal World Dream ke Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI.

Sponsored

"Estimasi pemindahan boat to boat akan dilakukan pada 26 Februari jam 10.00 di Selat Durian, dan akan tiba di Pulau Sebaru Kecil 28 Februari sekitar pukul 09.00 WIB," ujar Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Diketahui, coronavirus jenis baru telah menyebar ke lebih dari 25 negara di berbagai benua termasuk Amerika Serikat, Australia, Kanada, Swedia, Finlandia, Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Mesir, Israel, dan Uni Emirat Arab.

Angka kematian global akibat coronavirus jenis baru saat ini menyentuh angka 2.362, mayoritas terjadi di Provinsi Hubei, China.Korban meninggal terdapat di Taiwan, Filipina, Prancis yang masing-masing mencatat satu kasus, Iran lima kasus, Italia, Korea Selatan, dan Hong Kong dua kasus, serta Jepang tiga kasus.

Berita Lainnya