sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mahfud MD ke Dubes China: Indonesia berdaulat atas Natuna

Mahfud menambahkan pembicaraan terkait kerja sama di bidang lain antarkedua negara tetap dilanjutkan.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Kamis, 16 Jan 2020 21:27 WIB
Mahfud MD ke Dubes China: Indonesia berdaulat atas Natuna

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, menerima kunjungan Xiao Qian, Duta Besar China untuk Indonesia di Jakarta pada hari ini, Kamis (16/1). Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas banyak hal. Salah satunya terkait Natuna.

Mahfud mengatakan kepada Xiao Qian, bahwa pemerintah Indonesia sudah mengambil sikap tegas. Bahwa Indonesia akan tetap menjaga kedaulatan dan menjaga hak untuk berdaulat di perairan Natuna. Hak berdaulat yang dimaksud adalah soal kawasan Zona Ekonomi Ekslusif sebagaimana ditetapkan dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.

“Soal Natuna, kami katakan sikap kita jelas untuk menjaga kedaulatan dan menjaga hak untuk berdaulat,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).

Selain itu, Mahfud menambahkan pembicaraan terkait kerja sama di bidang lain antarkedua negara tetap dilanjutkan. Tetapi, kata dia, dalam pembahasan kerja sama itu tidak dibicarakan tentang Natuna Utara atau Laut China Selatan.

Sponsored

Menurut Mahfud, baik Pemerintah Indonesia ataupun Pemerintah China sepakat tidak ada perselisihan di perairan Natuna. Walau begitu, dia menegaskan Indonesia tetap mempertahankan kedaulatan dan hak untuk berdaulatnya.

"Karena di situ kita berpendapat tidak ada dispute dan pihak China katakan kalau itu selalu terjadi di akhir tahun," tutur dia.

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, bersama jajarannya menyambangi Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, pada sore ini. Selain membicarakan Natuna, pertemuan dilakukan karena pada 4 sampai 5 Februari 2020 akan diadakan pertemuan antara pejabat tinggi dari kedua belah pihak.

Berita Lainnya