sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

MAKI : Djoko Tjandra ubah nama hingga tak terdeteksi Imigrasi

Buron kasus BLBI Djoko Tjandra disebut masuk Indonesia dengan mengubah nama.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 02 Jul 2020 12:46 WIB
MAKI : Djoko Tjandra ubah nama hingga tak terdeteksi Imigrasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 392.934
Dirawat 61.851
Meninggal 13.411
Sembuh 317.672

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) membeberkan alasan tidak terdeteksinya buron kasus BLBI Djoko Tjandra masuk ke Indonesia.

Djoko Tjandra disebut telah mengubah namanya dari Djoko Soegiarto Tjandra menjadi Joko Soegiarto Tjandra.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyatakan, atas perubahan nama tersebut, Djoko Tjandra menjadi tak terdeteksi masuk ke Indonesia.

"Perubahan nama awal dari Djoko menjadi Joko menjadikan data dalam paspor berbeda sehingga tidak terdeteksi oleh Imigrasi," kata Boyamin dalam keterangan resminya, Kamis (2/7).

Menurut Boyamin, Djoko Tjandra telah mengubah namanya saat menjadi warga negara Papua Nugini. Akhirnya dalam persidangan ia diputuskan mengganti namanya tersebut.

Seharusnya, sambung Boyamin, bila terjadi perubahan nama, pengadilan tidak dapat menerima pengajuan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Djoko Tjandra.

Selain itu, Imigrasi pun harus dipertanyakan karena Menteri Yasonna Laoly pernah membenarkan ada nama baru Djoko Tjandra yang masuk Indonesia.

"Atas dasar hal ini sengkarut Imigrasi ini. Kami akan segera melaporkan kepada Ombusdman RI guna menelusuri maladministrasi atas bobolnya sistem kependudukan dan paspor pada sistem imigrasi yang diperoleh Djoko S Tjandra," ucap Boyamin.

Sponsored

Sebagaimana diketahui, buron Djoko Tjandra dikabarkan berada di Indonesia setelah melarikan diri sejak 2009. Namun, sampai saat ini belum ada pihak yang dapat mengkonfirmasi keberadaanya.

Berita Lainnya