sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mandiri siapkan Rp15,1 triliun antisipasi periode natal dan tahun baru

Alokasi uang tunai tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai masyarakat di mesin-mesin ATM Mandiri.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 11 Des 2020 15:26 WIB
Mandiri siapkan Rp15,1 triliun antisipasi periode natal dan tahun baru

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp15,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Desember 2020, termasuk periode libur Natal dan libur jelang tahun baru 2021. Alokasi tersebut turun 8,2% dari periode tahun lalu, akibat dampak pandemi yang diperkirakan akan mengurangi belanja masyarakat pada periode tersebut.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, alokasi uang tunai tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai masyarakat di mesin-mesin ATM Mandiri.

“Kami melihat faktor pembatasan sosial dan kampanye di rumah aja untuk menekan penyebaran Covid-19 akan membuat masyarakat lebih memilih bertransaksi secara nontunai. Namun, kebutuhan akan uang tunai tetap ada untuk transaksi retail yang belum menggunakan alat pembayaran nontunai, seperti saat membeli makanan atau minuman di warung,” kata Rudi dalam keterangan resminya, Jumat (11/12).

Dia melanjutkan, pihaknya telah mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah yang diperkirakan pada 16 hingga 31 Desember, sehingga akan dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut.

“Frekuensi perawatan mesin atau preventive maintenance pun kami tambah pada periode libur tersebut, agar mesin ATM selalu siap melayani kebutuhan nasabah, dengan fokus pada rest area, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, stasiun, pelabuhan, SPBU, gereja dan tempat wisata,” ujar Rudi

Rencananya, proses preventive maintenance dilakukan pada 955 mesin ATM yang berada di lokasi-lokasi utama tersebut. Adapun total ATM Bank Mandiri saat ini tercatat sebanyak 13.176 mesin ATM Mandiri, yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

Di samping jaringan ATM, Rudi menuturkan, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

“Aplikasi Mandiri Online, kini sudah dapat melayani hampir semua transaksi nasabah seperti pemindahan dana, pembukaan rekening, pemblokiran dan pembukaan blokir, monitoring perpindahan dana, serta transaksi pembayaran, termasuk dengan scan QRIS,” ucapnya.

Sponsored

Adapun khusus periode libur Natal 24 hingga 27 Desember 2020, Bank Mandiri akan mengoperasikan sebanyak 160 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian, untuk memberikan layanan perbankan secara terbatas. Termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

Sedangkan pada periode libur Tahun Baru 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, sebanyak 214 cabang akan dioperasikan secara bergantian, untuk memberikan layanan perbankan terbatas. Termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

Berita Lainnya
×
tekid