sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mantan Danjen Kopassus ditunjuk jadi Kepala BNPB

Doni Monardo rencananya akan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (2/1).

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Selasa, 01 Jan 2019 21:23 WIB
Mantan Danjen Kopassus ditunjuk jadi Kepala BNPB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru.  Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini akan menggantikan Willem Rampangilei. 

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi membenarkan kabar penunjukan Doni sebagai Kepala BNPB. Doni dijadwalkan dilantik Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/1) besok, sekira pukul 09.00 WIB. 

"Iya, benar. Jam 9 pagi akan ada pelantikan," ujar Johan Budi SP saat dikonfimasi wartawan di Jakarta, Senin (1/1). 

Sebelum ditunjuk sebagai Kepala BNBP, Doni menjabat sebagai Sekretaris Wantanas selama 9 bulan. Sebelumnya, pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dan Panglima Komando Daerah Militer XVI/ Pattimura. 

Sponsored

Pergantian Kepala BNPB terjadi saat Indonesia dikepung bencana dalam setahun terakhir. Selain tsunami Selat Sunda yang menghantam Banten dan Lampung, gempa dan tsunami juga sempat meluluhlantakkan Palu, Sulawesi Tenggara, Oktober lalu. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tugas sebagai kepala BNPB tidak mudah. Pasalnya, Indonesia berada dikelilingi gunung api dan merupakan negara kepulauan yang rutin dilanda bencana alam. 

Karena itu, BNPB butuh dukungan semua pihak agar mitigasi bencana bisa berjalan dengan baik. "Semua pihak termasuk unsur pemerintah pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha untuk mengatasi bencana yang terjadi. Siapapun yang menjadi Kepala BNPB kita harus dukung," ujarnya. (Ant)