sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mantan Kabais: Situasi di Papua bukan konflik bersenjata

Konflik di Papua harus dengan pendekatan kemanusiaan yang didasarkan kepada hukum HAM.

Zahra Azria
Zahra Azria Sabtu, 05 Des 2020 00:41 WIB
Mantan Kabais: Situasi di Papua bukan konflik bersenjata
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Selesaikan konflik di Papua harus dengan pendekatan kemanusiaan yang didasarkan kepada hukum HAM (Hak Asasi Manusia) dan pendekatan keamanan Hukum Humaniter. 

"Hukum HAM dan Humaniter dipakai karena ke-universalan hukum ini berlaku dalam dunia internasional," ujar Laksda TNI (Purn) B. Soleman Ponto dalam diskusi Webinar Series ke-19 di Jakarta, dengan tema 'Pendekatan Kemanusiaan dan Keamanan di Papua', Kamis (3/12),.

Dia menerangkan, bahwa ada konflik yang tidak bisa digolongkan menjadi konflik bersenjata yaitu kekacauan atau tindakan kriminal bersenjata. "Situasi di Papua saat ini bukanlah konflik bersenjata, karena yang berada di Papua saat ini adalah kelompok kriminal bersenjata," bebernya.

Mengenai kondisi di Papua saat ini, Mantan Kepala Bais TNI menjelaskan, bahwa dalam konflik bersenjata, Hukum Humaniter konflik dibagi menjadi dua bagian yaitu konflik bersenjata internasional dan konflik bersenjata internal. 

Sponsored

"Apabila ada pasukan pembangkang bersenjata melakukan perlawanan terhadap angkatan bersenjata suatu negara, maka itu adalah konflik bersenjata internal," katanya.
 
Sedangkan dalam hukum HAM, Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto menjelaskan, terdapat tiga poin mengenai keadaan Papua pada saat ini. Pertama, mengenai perlindungan terhadap hak-hak individu atau hak kelompok dan dilindungi secara internasional dari pelanggaran yang dilakukan pemerintah atau aparatnya maupun aktor non negara yang terlibat. 

Kedua, hak untuk hidup, untuk tidak disiksa, merupakan hak yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apa pun oleh siapa pun. Terakhir, hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

Berita Lainnya

Maksud Jokowi baik, ajak cinta produk lokal

Sabtu, 06 Mar 2021 15:13 WIB

Geez & Ann, cerita cinta remaja yang puitis

Minggu, 07 Mar 2021 18:34 WIB