logo alinea.id logo alinea.id

Mantan KSAD meninggal dunia karena kanker usus

George Toisutta merupakan sosok senior dan guru yang baik bagi anak buahnya.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Rabu, 12 Jun 2019 09:38 WIB
Mantan KSAD meninggal dunia karena kanker usus

Berita duka cita datang dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada Rabu (12/6) pagi setelah sempat dirawat karena penyakit kanker usus.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Duka yang sangat mendalam mnyertai kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta mnghadap Sang Khalik,” demikian kata Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo melalui akun Twitternya pada Rabu, (12/6).

Berdasarkan informasi dari dokter jaga Paviliun Kartika di RSPAD Jakarta, dokter Emil, Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada pukul 05.26 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. George Toisutta meninggal dunia pada usia 66 tahun. 

Gatot menjelaskan, di mata pribadinya, George merupakan sosok senior dan guru yang baik bagi anak buahnya. Menurut pengakuannya, George bahkan sempat melatih Gatot Nurmantyo saat masih aktif menjadi prajurit TNI. Karena itu, dia menyampaikan duka cita yang mendalam untuk almarhum.

"Beliau adalah atasan, senior, guru dan pelatih saya. Semoga almarhum husnul khotimah & diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Amin," ucap Gatot.

Berdasarkan Wikipedia, George Toisutta lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1 Juni 1953. Ia merupakan lulusan Akademi Militer pada 1976. Selama menapaki karirnya di militer, George Toisutta pernah menjabat Pangkostrad sejak 2007 hingga 2009 menggantikan Erwin Sudjono. 

Selanjutnya, kariernya melonjak menjadi KSAD era Presiden SBY atau pada 29 November 2009 sampai 30 Juni 2011. Ia dilantik menggantikan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo.

Setelah itu, George juga pernah maju dalam kursi perebutan calon Ketua Umum PSSI. Saat itu dia bersaing dengan Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie. Namun, saat itu posisi Ketum dimenangkan oleh Nurdin Halid.

Sponsored

Tak hanya itu, George Toisutta pada awal 2012 ditunjuk sebagai komisaris utama OSO Group milik Oesman Sapta Odang. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, transportasi, properti dan perhotelan.

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB