sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Manut pusat, lintasan Formula E Jakarta diubah

Tim FIA tengah dalam perjalanan sore ini. Untuk menentukan rute baru.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Kamis, 06 Feb 2020 17:31 WIB
Manut pusat, lintasan Formula E Jakarta diubah

Desain sirkuit Formula E di DKI Jakarta akan diubah. Menyusul pelarangan pemanfaatan kawasan Monumen Nasional (Monas) oleh pemerintah pusat melalui Komisi Pengarah (KP) Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan, keputusan tersebut telah disampaikan kepada pihak pengelola. Juga organisasi pembalap motor internasional.

"Sore ini, tim mereka sudah dalam perjalanan ke Jakarta. Untuk menentukan lokasi baru," ucapnya di Balai Kota Jakarta, Kamis (6/2).

Penyelenggara Formula E di Indonesia, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, sebelumnya merencanakan lintasan balap melalui kawasan Monas. Desain disetujui Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Rute tersebut melewati Jalan Medan Merdeka Selatan atau depan Balai Kota. Kemudian Patung Kuda-masuk dan keluar Monas-belakang Stasiun-Jalan Medan Merdeka Selatan.

Belakangan, KP melarang kawasan Monas menjadi rute perlintasan balap Formula E. Pertimbangannya, ikon Ibu Kota dan Indonesia itu merupakan situs wisata cagar budaya.

Anies menambahkan, tim nantinya meninjau lokasi yang cocok untuk lintasan Formula E. "Mengubah rute itu enggak mudah. Tidak bisa tanpa ahlinya," tuturnya. 

Tim FIA bakal ditemani sejumlah pihak berkepentingan. Seperti Jakpro dan Dinas Bina Marga Jakarta.

Sponsored

Dia sesumbar, kegiatan dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Formula E di Jakarta rencananya berlangsung 6 Juni 2020.

"(Waktunya) cukup. Kita, kan, komunikasi terus dengan mereka," tutup bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Berita Lainnya