sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masih ada celah WNA di bandara, Kapolri: Lakukan cek ulang PCR

Kapolri minta keamanan dan pengawasan di Bandara Soetta diperketat.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 12 Mei 2021 13:46 WIB
Masih ada celah WNA di bandara, Kapolri: Lakukan cek ulang PCR

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar pengamanan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) diperketat terhadap kedatangan penumpang dari luar negeri maupun dalam negeri ke Jakarta. 

Sigit mengakui masih adanya celah warga negara asing (WNA) dan masyarakat Indonesia yang masuk ke Jakarta dan berpotensi membawa virus Covid-19. 

"Khusus dari luar negeri, saya lihat masih ada satu celah yang rekan-rekan harus perkuat saat datang. Saya minta lakukan pengecekan ulang PCR, setelah dicek thermo gun bila suhu tidak normal langsung lakukan tindaklanjuti," ujarnya usai meninjau langsung pengamanan di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Rabu (12/5).

Sigit mengungkapkan, untuk masyarakat kedatangan luar kota pun perlu antisipasi. Pasalnya, belakangan data penambahan positif Covid-19 di daerah itu meningkat tinggi.

"Di Sumatra naik. Mau tidak mau rekan-rekan di lintas masuk seperti di sini betul-betul melakukan pengawasan protokol kesehatan," katanya.

Kepada Kapolres Bandara Soetta Kombes Adi Ferdian, Sigit meminta agar ada personel yang mengawasi ketat pada penumpang positif Covid-19. Pengawasan mulai dari bandara sampai hotel tempat karantina harus diawasi langsung personel Polri.

"Kalau kurang anggota, minta ke Polda Metro atau ke Mabes Polri," tuturnya.

Selain itu, Sigit juga meminta agar masyarakat yang hendak bepergian harus dipastikan memiliki hasil tes swab antigen negatif Covid-19 dan sertifikat vaksin sebelum membeli tiket. Sigit menegaskan, kemungkinan masyarakat yang datang maupun keluar menjdi karier virus Covid-19 harus benar-benar diantisipasi.

Sponsored
Berita Lainnya