sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Megawati terima gelar profesor kehormatan dari SIA Korsel

Anugerah profesor kehormatan SIA Korsel menambah deretan gelar yang diterima Megawati selama ini.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 11 Mei 2022 11:02 WIB
Megawati terima gelar profesor kehormatan dari SIA Korsel

Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri mendapat gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan pada Rabu (11/5). Megawati dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mempromosikan seni budaya dan ekonomi kreatif, serta dalam menjamin pendidikan yang lebih baik dalam riset dan inovasi.

Pemberian plakat guru besar dilakukan oleh Presiden SIA Dr Lee Nam Sik, disaksikan oleh sejumlah petinggi akademik di SIA Korsel. Turut hadir bersama Megawati ialah Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistyanto dan Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey.

Sebelum penganugerahan gelar profesor, dibacakan mandat pribadi Proklamator RI Soekarno kepada Megawati yang tak lain merupakan putrinya. Kemudian, mendengarkan lagu kebangsaan dua negara.

"Yang Mulia Ibu Megawati Soekarnoputri menerima plakat apreasiasi atas komitmen beliau seumur hidup dalam mempromosikan seni budaya dan ekonomi kreatif dan juga dalam menjamin pendidikan yang lebih baik dalam riset dan inovasi, tidak hanya untuk warga Indonesia tapi juga warga dunia, termasuk Korea Selatan," demikian bunyi plakat gelar profesor dari SIA Korsel, sebagaimana dibacakan pembawa acara, Rabu.

SIA Korsel sendiri telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Tanah Air seperti ITB Bandung, ISI Jakarta dan Yogkyakarta, Universitas Seni Denpasar.

SIA Korsel juga menjadi tempat pertukaran seni dan ekonomi kreatif antar kedua negara dengan mengundang banyak pelaku industri kreatif serta seniman dari Indonesia untuk berkunjung dan menimba ilmu di institut tersebut.

Anugerah profesor kehormatan SIA Korsel menambah deretan gelar kehormatan yang diterima Megawati selama ini. Tercatat, Ketua Umum PDI Perjuangan itu mendapat gelar doktor kehormatan dari Waseda University of Tokyo pada 29 September 2001, Moscow State Institute of International Relations (MGIMO) pada 22 April 2003, Korea Maritime and Ocean University pada 19 Oktober 2015.

Kemudian, Universitas Padjadjaran pada 25 Oktober 2016, Universitas Negeri Padang (UNP) pada 27 September 2017, serta Mokpo National University pada 16 November 2017. Selanjutnya, gelar doktor kehormatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada 8 Maret 2018, Fujian Normal University (FNU) pada 5 November 2018, serta Soka University Japan pada 8 Januari 2020.

Sponsored
Berita Lainnya