logo alinea.id logo alinea.id

Menhan Ceko ingin kerjasama dengan Indonesia lintas sektor

Indonesia dan Ceko disebut sama-sama berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 07 Nov 2018 15:22 WIB
Menhan Ceko ingin kerjasama dengan Indonesia lintas sektor

Menteri Pertahanan Republik Ceko Lubomír Metnar berkunjung ke Indonesia sambil merayakan 100 tahun berdirinya Cekoslowakia yang sejak 1993 telah terpisah secara damai dan menjadi Republik Ceko dan Slowakia.

Dalam lawatannya, Menhan Metnar mengingatkan kembali persamaan perjuangan Republik Ceko dengan Indonesia. Katanya, baik Republik Ceko dan Indonesia sama-sama memperjuangkan kemerdekaan. 

"Jika Indonesia berjuang melawan kolonialsime, Republik Ceko melakukan perjuangan yang sama melawan penindasan dan sistem kerajaan yang usang," jelasnya di Mandarin Hotel, Jakarta pada Selasa (7/11).

Metnar berharap ke depannya kerja sama bilateral antar kedua negara dapat ditingkatkan terutama dalam bidang keamanan dengan bersatu melawan ancaman keamanan global. Selain dari bidang keamanan, RI dan Republik Ceko telah membangun kerja sama dalam berbagai sektor sejak mendirikan hubungan diplomatik pada 1993. Beberapa di antaranya merupakan kerja sama di sektor energi, investasi, turis, transportasi, dan pendidikan anak muda.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menambahkan usai Ketua Senat Republik Ceko Milan Štěch baru mengunjungi Jakarta dan Jogja pada September lalu, pertemuan lanjutan ini, merupakan satu dari banyak cara untuk meningkatkan nilai kerja sama bisnis antara RI dan Ceko yakni dengan menjalin hubungan komunikasi yang sehat.

Dalam hubungan perdagangan bilateral, Mendes PDTT mengatakan adanya kenaikan stabil sebesar 5% tiap tahunnya dengan nilai mencapai US$265 juta pada tahun 2017.

Selain itu, ada pula kerja sama dalam bidang pendidikan dan anak muda yang sudah terjalin sejak lama antara kedua negara. Mulai 1995, Indonesia sudah mengundang sebanyak 190 pelajar Republik Ceko untuk belajar Bahasa Indonesia melalui program beasiswa seni dan budaya.

"Dengan berinvestasi di anak muda, kita dapat mengamankan masa depan negara, saya percaya mereka adalah kunci penggerak perkembangan negara," tutur Eko.

Sponsored

Pemerintah Indonesia turut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Republik Ceko atas bantuan bagi penanggulangan bencana Sulawesi Tengah yang kini sudah masuk dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di area terdampak. Ceko mendonasikan sebesar €100 ribu ke Palang Merah untuk membantu proses pemulihan kembali area yang terkena dampak gempa dan tsunami.