sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menkes ungkap 10 kasus varian baru Corona dari India

Varian baru Corona B1617 banyak ditemukan di Sumatra Selatan dan Kalimantan Tengah.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 10 Mei 2021 13:49 WIB
Menkes ungkap 10 kasus varian baru Corona dari India

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada 10 kasus varian baru Covid-19, B1617, dari India yang ditemukan di Indonesia. Pertama, kasus pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia asal kota Medan dengan pengambilan sampel pada Kamis (7/1).

Kedua, WNI asal Kota Palembang, Sumatra Selatan, dengan pengambilan sampel pada Jumat (8/1). Ketiga, WNI asal Kota Palembang, Sumatra Selatan dengan pengambilan sampel pada Selasa (12/1). Keempat, WNI asal Kota Prabumulih, Sumatra Selatan, dengan pengambilan sampel pada Kamis (14/1).

Selanjutnya, WNI asal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, dengan pengambilan sampel pada Jumat (15/1). Keenam, WNI bekerja di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, dengan pengambilan sampel pada Jumat (19/3). Ketujuh, WNI asal Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah dengan pengambilan sampel Jumat (19/3).

Kedelapan, WNI asal Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dengan pengambilan sampel pada Sabtu (20/3). Kesembilan, WNI asal DKI Jakarta, dengan pengambilan sampel Sabtu (3/4). Terakhir, WNA India masuk via Jakarta untuk mengunjungi keluarga domisili Batam, dengan pengambilan sampel Kamis (22/4).

“Yang akhir-akhir ini cukup banyak masih ke Indonesia adalah varian dari India, dan varian ini banyak kita temui di Sumatra Selatan dan Kalimantan Tengah,” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5).

Ia melanjutkan, terdapat tiga varian baru Covid-19 dalam kategori perlu sangat diperhatikan versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah masuk ke Indonesia. Yaitu dari Inggris B117, dari Afrika Selatan (Afsel) B1351, dan varian baru dari India B1617.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan genome sequencing secara rapat di daerah-daerah yang sudah ada varian baru tersebut. Harapannya, bisa segera memonitor pola penyebarannya, sehingga kita bisa melakukan langkah isolasi agar tidak menyebar ke daerah lain.

Sebelumnya (4/5), Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menyatakan, warga negara Indonesia (WNI) yang terpapar mutasi Covid-19 dari Afrika Selatan (Afsel) meninggal dunia sejak 16 Februari 2021. Kasus varian B1351 ini ditemukan di Bali berdasarkan hasil pengambilan spesimen pada 25 Januari.

Sponsored

Varian Covid-19 asal India (B1617) pun telah terdeteksi di DKI Jakarta. WNI yang terpapar telah diambil spesimennya sejak 3 April, sedangkan warga negara asing (WNA) yang terinfeksi varian sama kini dalam kondisi stabil dan dirawat di RSPI serta telah diambil spesimennya pada 22 April.

Kemudian, 10 kasus B1117 lainnya masing-masing satu PMI dari Arab Saudi asal Karawang dengan pengambilan spesimen 4 dan 7 Februari, PMI dari Arab Saudi asal Balikpapan dengan pengambilan spesimen 12 Februari, PMI dari Ghana transit Qatar asal Kota Bogor. Selain itu, transmisi lokal di Tapin, Kota Palembang, Kota Medan, Kota Tanjungbalai, serta dua kasus di Karawang.

Berita Lainnya