sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menko Polhukam: Orang asing bebas masuk Papua

Mahfud MD menyatakan tidak ada pembatasan warga negara asing untuk datang ke Papua.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Sabtu, 30 Nov 2019 14:10 WIB
Menko Polhukam: Orang asing bebas masuk Papua
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 125396
Dirawat 38721
Meninggal 5723
Sembuh 80952

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan orang asing dibebaskan untuk datang ke Papua. Dia menyebut tidak ada lagi pembatasan orang asing untuk mengunjungi pulau paling timur di Indonesia.

"Saya akan cek. Tapi setahu saya sudah tidak ada lagi pembatasan orang asing ke Papua," kata Mahfud di Jayapura, Papua, Sabtu (30/11).

Dia menjelaskan, pemerintah saat ini melakukan pendekatan sosial-budaya di Papua. Pembangunan kultural dan kesejahteraan menjadi fokus pemerintahan Jokowi.

Orang asing, terutama jurnalis luar negeri, juga diharapkan tidak selalu fokus terhadap berita-berita kekerasan di Papua. Menurut Mahfud, tokoh dan rakyat Papua pun menginginkan kedamaian dalam keberadaannya di Indonesia.

Sponsored

Namun demikian, Mahfud mengakui upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua melalui dana otonomi khusus atau otsus, belum berjalan maksimal. Menurutnya, hal ini lantaran UU Otsus belum didukung oleh aturan di bawahnya.

"Seperti PP belum ada, kadangkala bertentangan dengan UU lain, sehingga tidak maksimal, ini akan kami evaluasi. Saran dan masukan kita tampung," katanya.

Menkopolhukam Mahfud MD berkunjung ke Kota Jayapura dalam sejumlah agenda kerja. Di antaranya menghadiri forum komunikasi dengan tokoh masyarakat dan pemuda Papua.

Berita Lainnya