sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menkominfo: Literasi digital sebuah keniscayaan

Program Literasi Digital Nasional diselenggarakan melalui 2000 pelatihan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Kamis, 20 Mei 2021 13:00 WIB
Menkominfo: Literasi digital sebuah keniscayaan

Literasi digital dinilai sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional.

Pihaknya mencatat, setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia dengan potensi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai 124 miliar dolar Amerika Serikat pada 2025 mendatang.

“Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet. Di saat bersamaan literasi digital adalah sebuah keniscayaan untuk membentengi warganet dari dampak-dampak negatif internet,” ujar Johnny, Kamis (20/5).

Rencananya, sambung Johnny, Program Literasi Digital Nasional diselenggarakan melalui 2.000 pelatihan berdasarkan modul dan kurikulum yang menyasar empat pilar literasi digital, yaitu digital ethics, digital safety, digital skill, dan digital culture.

“Ke depan nantinya setiap tahunnya program ini akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia,” katanya mengutip laman Setkab.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa tantangan di ruang digital saat ini semakin besar, ditandai dengan terus bermunculannya konten-konten negatif dan meningkatnya kejahatan di ruang tersebut.

“Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Presiden Jokowi saat meluncurkan Program Literasi Digital Nasional, Kamis (20/05), bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 2021. 

Program yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2017 tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan transformasi digital. Melalui gerakan tersebut, Jokowi berharap masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

Sponsored

“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret,” ucap Presiden Jokowi dalam sambutan secara virtual.

Berita Lainnya