sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menyambut Iduladha, Wiku: Perhatikan zonasi risiko daerah

Perkembangan informasi penanganan Covid-19 di Indonesia dapat diakses melalui portal www.covid19.go.id.

Hermansah
Hermansah Jumat, 31 Jul 2020 07:46 WIB
Menyambut Iduladha, Wiku: Perhatikan zonasi risiko daerah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 127083
Dirawat 39082
Meninggal 5765
Sembuh 82236

Menyambut Hari Raya Iduladha 1441 H, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito menegaskan, masyarakat yang menyambut Iduladha harus memerhatikan kondisi daerah sesuai zonasi risiko peningkatan kasus di daerah masing-masing.

"Bagi masyarakat, khususnya yang menyambut Iduladha, mohon dapat memerhatikan kondisi daerah sesuai zonasi risiko peningkatan kasus di daerah masing-masing, sebagai informasi dalam rangka menjalankan protokol kesehatan menyambut Iduladha," ujar Wiku dalam konferesi pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Kamis (30/7).

Perkembangan informasi penanganan Covid-19 di Indonesia dapat diakses melalui portal www.covid19.go.id dan untuk portal data terbaru terkait informasi zona risiko daerah dapat diakses pada portal https://covid19.go.id/peta-sebaran.

Selain itu Wiku menegaskan, masyarakat tidak dianjurkan melakukan mudik dalam perayaan Hari Raya Iduladha.

"Mohon dipertimbangkan dan dihindari untuk tidak mudik. Aktivitas mudik menjadi penyumbang kasus yang cukup besar pada daerah asal dan tujuan mudik," tegasnya.

Selanjutnya, ia juga mengimbau untuk masyarakat dapat melindungi keluarga, terutama yang masuk dalam usia rentan dari ancaman Covid-19.

"Lindungi keluarga kita terutama yang usia rentan dari ancaman Covid-19 dalam momen Iduladha," ucap Wiku.

Wiku menjelaskan, usia yang mendominasi dalam kasus positif Covid-19 adalah rentang usia 31 sampai 45 tahun atau 31,3%. Sedangkan kasus meninggal paling tinggi terjadi pada usia lebih dari 45 tahun dengan tingkat 78%. Hal ini merupakan jumlah yang sangat tinggi dan masyarakat harus waspada dan berhati-hati.

Sponsored

"Harus waspada dan menghindari terjadinya kontak antara yang muda dengan yang usia rentan, terlebih pada saat merayakan Iduladha," jelas Wiku.

Terakhir, Wiku kembali mengimbau untuk semua pihak dapat terus meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan, dalam melaksanakan protokol kesehatan sehingga mampu menurunkan tingkat penularan Covid-19 di tengah masyarakat. 

Berita Lainnya