sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bendera Merah Putih membentang sepanjang 300 meter di Kirab Pancasila 2024

Selain Kirab Pancasila, ada beberapa event dalam waktu yang bersamaan seperti gelaran kuliner nusantara, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Hermansah
Hermansah Minggu, 26 Mei 2024 23:52 WIB
Bendera Merah Putih membentang sepanjang 300 meter di Kirab Pancasila 2024

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 di Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu (26/5).

Ada yang berbeda pada Kirab Pancasila menjelang puncak peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, dibandingkan tahun sebelumnya. Yaitu, terbentangnya bendera Merah Putih sepanjang kurang lebih 300 meter sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga bundaran HI.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengungkapkan, Kirab Pancasila yang diikuti kurang lebih 3.000 peserta tersebut, juga menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, drum band Gita Abdi Praja IPDN, serta berbagai pakaian adat nusantara menghiasi acara kirab Pancasila tersebut.

"Ini sebagai upaya kami dalam meningkatkan nasionalisme terutama kepada generasi muda Indonesia," ujarnya.

Kirab Pancasila yang merupakan hasil bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, juga sengaja dilaksanakan pada hari libur atau hari bebas kendaraan. Sehingga diharapkan masyarakat ikut serta meramaikannya.

"Ini juga sebagai pengingat kepada masyarakat, bahwa kita punya Pancasila yang sudah terbukti membebaskan kita dari penjajah dan mempersatukan bangsa kita", paparnya.

Sementara itu Wakil Kepala BPIP Rima Agristina mengatakan, selain Kirab Pancasila, ada beberapa event dalam waktu yang bersamaan seperti gelaran kuliner nusantara, pemeriksaan kesehatan gratis, dan donor darah yang diselenggarakan di gedung Sarinah Jakarta 

Menurutnya, momentum ini merupakan gerakan-gerakan Pancasila dalam tindakan yang tetap harus terjaga, baik persatuannya dan gotong-royongnya.

Sponsored

"Di sini banyak makanan-makanan khas daerah yang merupakan asli Indonesia dan harus kita jaga," paparnya.

Rima juga mengakui gelaran kuliner ini untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM di Indonesia dan agar tidak hilang oleh makanan-makanan modern.

"Ini juga untuk meningkatkan UMKM kita. Meski di tengah kota, tetapi makanan tradisional tidak boleh dilupakan," paparnya.

BPIP juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan pada 1 Juni 2024 dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045".

"Jangan lupa juga kepada masyarakat Indonesia agar ikut menyaksikan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang disiaran televisi, kanal YouTube BPIP, dan di daerah masing-masing," ajaknya.

Kegiatan tersebut bahkan mendapatkan apresiasi dari warga Jakarta. Salah satunya Ardiyansah, pengunjung stand UMKM. Dia menyambut baik dengan acara yang diselenggarakan BPIP itu.

"Sangat seru dan ramai, biasanya kan sepi. Setelah lari langsung pulang. Kalau hari ini, kita bisa jajan dan cek kesehatan juga," paparnya.

Ia bersama keluarganya juga bisa mencicipi berbagai makanan atau olahan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut juga ikut hadir Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, jabatan pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan BPIP serta Forkopimda Provinsi DKI Jakarta.

Berita Lainnya
×
tekid