sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Monas dan Ragunan mulai dipadati pengunjung

Hingga petang tadi, sudah ada sekitar 25 ribu pengunjung yang berwisata ke kawasan Monas.

Eka Setiyaningsih Annisa Rahmawati
Eka Setiyaningsih | Annisa Rahmawati Kamis, 06 Jun 2019 18:22 WIB
Monas dan Ragunan mulai dipadati pengunjung

Setelah sempat ditutup pada hari pertama Lebaran, kawasan Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka, Kamis (6/6). Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas, Munjirin, sejak dibuka tadi pagi, kawasan Monas terus dipadati pengunjung. 

"Hari ini sampai pukul 14.30 WIB saja, pengunjung sudah 24.611 orang ke kawasan lapangan Monas. Kalau yang naik ke Tugu Monas sebanyak 8.972 orang," kata Munjirin di kawasan Monas, Jakarta Pusat.  

Munjirin mengatakan pengunjung Monas kian ramai menjelang malam. Sebagian besar pengunjung Monas, menurutnya, menantikan pagelaran 'air mancur menari' yang akan ditampilkan pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB. 

"Nanti di akhir pekan juga akan ada panggung untuk pagelaran seni seperti kesenian dan musik khas Betawi," ujar dia.

Tika, salah satu pengunjung asal Sumatera, mengaku sengaja datang ke Jakarta untuk menghabiskan liburan bersama anak-anaknya di Monas. Ia dan bersama keluarganya harus antre berjam-jam demi mendapatkan tiket wisata ke puncak Monas.

"Rela desak-desakan dan kepanasan demi tiket ini, namun pas sudah di puncak sudah terbayarkan lelahnya ini" ujar Tika kepada Alinea.id. 

Pengunjung akan dikenakan tarif apabila memasuki kawasan cawan atau puncak Monas dan museum. Harga yang ditawarkan untuk dewasa dipatok Rp5.000, anak-anak Rp2.000 dan mahasiswa Rp3.000.

Tiket masuk monas ini hanya bisa didapat menggunakan sistem e-ticketing dengan menggunakan kartu Jakcard Bank DKI. Untuk yang tidak punya Jakcard,  pengelola Monas sudah menyiapkan penjualan e-ticketing dengan harga  Rp15 ribu per kartu.

Sponsored

Selain Monas, kawasan Taman Margasatwa Ragunan juga mulai dipenuhi pengunjung pada H+2 Lebaran. Menurut data yang diterima Alinea.id, hingga pukul 11.00 WIB, jumlah pengunjung Ragunan telah mencapai 31.000 orang.

Ragunan targetkan 800 ribu pengunjung

Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan I Ketut Widarsana menargetkan 800 ribu pengunjung yang datang ke Ragunan pada libur Lebaran tahun ini. "Sama seperti tahun lalu ya, kami menargetkan 800.000 pengunjung pada tanggal 6 Juni-16 Juni atau kurang lebih 11 hari," ucap Ketut.

Ketut memprediksi, jumlah pengunjung akan semakin meningkat pada H+4 atau pada 9 Juni 2019. "Terlebih lagi saat peak season hari Minggu besok tanggal 9 Juni itu pengunjung bisa sampai 2 kali lipat 150 ribu pengunjung," ujarnya.

Untuk mengantisipasi jumlah lonjakan pengunjung, pihak Ragunan telah menambah jumlah loket masuk menjadi 51 loket yang tersebar di tiga pintu masuk, yaitu pintu utara, pintu timur, dan pintu barat.

"Untuk hari-hari biasanya kan hanya 38 loket. Nah, sekarang sudah kami persiapkan semuanya untuk mengantisipasi antrean masuk pengunjung," ucapnya.

Ketut mengatakan, telah menyiapkan 1.600 petugas untuk melayani para pengunjung. Ia juga meminta para pengunjung tidak khawatir kehabisan lahan parkir. Pasalnya, pengelola Ragunan telah menyediakan lahan parkir dengan kapasitas 6.000 mobil dan 30.000 sepeda motor.

"Karena pengunjung ini kan tidak stay. Pengunjung ini bergantian. Tidak stay di satu tempat. Mereka kan keluar masuk. Jadi, mencukupi. Yang penting kita pengaturannya saja dengan baik agar tidak crowded," ucapnya.

Untuk libur Lebaran kali ini, menurut Ketut, Taman Margasatwa Ragunan mengusung tema 'Mari Satukan Visi Untuk Mensejahterakan Satwa'. "Kontennya dalam bentuk feeding time untuk satwa tertentu seperti gajah, harimau, dan gorila," katanya. (Ant)