sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

MPR siapkan skenario sidang tahunan di tengah pandemi

Sidang Tahunan MPR rencananya diadakan 14 Agustus 2020.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 08 Jul 2020 19:56 WIB
MPR siapkan skenario sidang tahunan di tengah pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 271339
Dirawat 61628
Meninggal 10308
Sembuh 199403

MPR menyiapkan berbagai skenario sidang tahunan 2020 di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19). Beberapa hal diatur, dari teknis peliputan hingga prosedur keamanan.

"Juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV nasional serta live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Kita manfaatkan kecanggihan teknologi informasi, sehingga masyarakat dari mana pun bisa mengikuti jalannya sidang," kata Ketua MPR, Bambang Soesatyo, via keterangan tertulis, Rabu (8/7).

Politikus Partai Golkar ini mengklaim, masyarakat bisa memanfaatkan Sidang Tahunan MPR untuk mengukur capaian pemerintahan selama setahun terakhir. Pada kesempatan itu, presiden disebut akan menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara secara gamblang.

Sebagai negara hukum yang demokratis, bagi dia, pemerintah wajib mengedepankan prinsip tata kelola yang baik dan bersih (clean and good governance). "Cirinya adalah melalui keterbukaan informasi pemerintah kepada publik dan segala tindakan atau keputusan harus mampu dipertanggungjawabkan kepada masyarakat secara akuntabel," jelasnya.

Sidang Tahunan MPR rencananya diadakan Jumat, 14 Agustus. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengonfirmasi kehadirannya saat ditemui pimpinan MPR di Istana Bogor, beberapa saat lalu.

"Sebagai kepala pemerintahan sekaligus sebagai Kepala Negara, Presiden Joko Widodo nanti yang akan menyampaikan laporan tahunan lembaga negara," ucap Bamsoet, sapaannya.

"Kehadiran fisik Presiden Joko Widodo sebagai wujud penghormatan tehadap kedaulatan rakyat yang dititipkan melalui MPR RI, mengingat MPR RI terdiri dari anggota DPR RI dan DPD RI yang dipilih langsung oleh rakyat," sambungnya.

Guna meminimalisasi penularan Covid-19, kehadiran fisik anggota MPR dan undangan dibatasi. Sebagian diperkenankan mengikuti sidang secara virtual.

Sponsored

Bagi Bamsoet, pandemi bukan rintangan mengurangi aktivitas agenda kenegaraan. Yang terpenting, menurutnya, melaksanakan protokol kesehatan.

Berita Lainnya
×
img