sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Novel Baswedan cs kasih informasi dan dokumen tambahan ke Komnas HAM

"Ini jadi satu titik poin yang menurut saya penting untuk melihat semakin jauh bagaimana proses dan substansi TWK berlangsung," ucap Anam.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 08 Jun 2021 18:36 WIB
Novel Baswedan cs kasih informasi dan dokumen tambahan ke Komnas HAM

Penyidik nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan bersama rekannya yang dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK), kasih informasi dan dokumen tambahan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Hal itu, terkait laporan dugaan pelanggaran HAM dalam TWK.

"Saya bersama kawan-kawan kembali ke Komnas HAM menyampaikan beberapa informasi penting yang mendukung dari laporan yang telah kami sampaikan. Begitu juga dengan beberapa bukti-bukti yang telah kami berikan, kami juga menambahkan di hari ini," kata Novel kepada wartawan di Komnas HAM, Jakarta, Selasa (8/6).

Terkait itu, Komisioner Komnas HAM M. Choirul Anam, mengucapkan terima kasih atas data tambahannya. Dia mengatakan, itu bisa melengkapi konstruksi peristiwa.

Oleh karena itu, Anam mengingatkan kembali kepada para pihak yang dipanggil untuk datang. Menurutnya, itu kesempatan bagi semua pihak yang terkait TWK untuk memberikan klarifikasi.

Sponsored

"Teman-teman (Novel Baswedan dan kawan-kawan) ternyata banyak menemukan hal baru yang kemarin belum ditemukan, sekarang ditemukan. Jadi, menjadi satu titik poin yang menurut saya penting untuk melihat semakin jauh bagaimana proses dan substansi dari TWK itu berlangsung," ucap Anam.

Sebagai informasi, Komnas HAM sedang menangani aduan TWK alih status aparatur sipil negara atau ASN. Lembaga itu telah mendapat dokumen dan meminta keterangan 19 pegawai KPK. Di sisi lain, untuk menguji informasi yang diterima, para pihak yang terkait TWK telah dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

Berita Lainnya