sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Panglima TNI dan Kapolri gelar panen raya di Banten

Keduanya juga meresmikan Kampung Tangguh Nusantara secara virtual.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 09 Jul 2020 16:26 WIB
Panglima TNI dan Kapolri gelar panen raya di Banten

Kapolri, Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, melakukan panen hasil tambak dan menyalurkan bibit pohon di Ketapang Urban Agriculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Panen Raya Nusantara menjadi bukti kesungguhan TNI-Polri membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 (coronavirus baru)," ujar Hadi dalam keterangan resminya, Kamis (9/7).

Dia mengklaim, program ini demi menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi. Bahkan, mempersilakan warga memanfaatkan lahan TNI dan Polri untuk menjaga ketahanan pangan.

Hadi melanjutkan, masyarakat harus mengoptimalkan potensi Indonesia sebagai negara maritim demi memenuhi kebutuhan protein hewani. Karenanya, potensi kelautan melalui budi daya perikanan harus diberdayakan secara maksimal.

"Yang tidak kalah penting, sesungguhnya peningkatan konsumsi protein hewani yang bersumber dari ikan oleh masyarakat. Kecukupan gizi, terutama bagi anak-anak kita, akan menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Idham dan Hadi juga meresmikan Program Kampung Tangguh Nusantara secara virtual. Hingga kini, TNI-Polri telah membentuk 7.024 Kampung Tangguh Nusantara. 

Di Kampung Tangguh, pembangunan infrastruktur desa, seperti pos kesehatan warga, rumah karantina, hingga pelatihan penanganan Covid-19 disediakan. Peran perangkat desa pun diturutsertakan.

"Inilah bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat untuk mewujudkan lembaga kepolisian dan tentara profesional, modern, dan tepercaya," tutur Idham.

Sponsored
Berita Lainnya